Mendagri Tito ke Depok, Instruksikan Jurus Penting Ini untuk Tekan COVID

Mendagri Tito Karnavian dan Wali Kota Depok Mohammad Idris di Balai Kota Depok (DepokToday.com)
Mendagri Tito Karnavian dan Wali Kota Depok Mohammad Idris di Balai Kota Depok (DepokToday.com)

DEPOK –Menteri Dalam Negeri atau Mendagri Tito Karnavian menyambangi Balaikota Depok untuk membicarakan penanganan COVID-19.

Menurut Tito, dua kota yang dia datangi hari ini, yaitu Depok dan Bekasi, merupakan kota penyangga yang  memiliki peran besar mempengaruhi atau berpengaruh terhadap kenaikan kasus di DKI Jakarta.

“Kenapa Bekasi dan Depok yang jadi atensi bagi kita. Pertama Bekasi dan Depok ini masuk daerah aglomerasi megapolitan, daerah penyangga ibu kota. Tempat yang tinggi angka kasusnya, dan ini bisa timbal balik dengan daerah sekitarnya, terutama Bekasi, Depok, dan Tangerang, saya juga akan ke Tangerang nanti,” jelas Tito usai melakukan rapat kordinasi dengan Wali Kota Depok Mohammad Idris pada Jumat sore, 23 Juli 2021.

Secara langsung menurut dia, penanganan COVID di Kota Depok, Bekasi serta Tengera ng dapat mempengaruhi kepada pengendalian kasus virus asal Tiongkok itu di Ibu Kota DKI Jakarta.

“Penanganan pandemi COVID yang baik di Depok, Bekasi dan Tangerang, itu akan menunjang pengendalian covid di ibu kota, dan sebaliknya kalau kurang terkendali di daerah pinggiran ini, akan berpengaruh di pengendalian ibu kota,” papar dia.

Mendagri Tito Sebut Depok Penyumbang Terbesar Penambahan COVID di Jabar

Tito juga menyebutkan, jika daerah yang berbatasan dengan DKI Jakarta, seperti Depok, Bekasi menjadi penyumbang terbesar angka penambahan kasus di Jawa Barat.

Baca juga: Bikin Haru, Petugas Rutan Depok Patungan Beli Sembako untuk Warga Terdampak COVID

“Kemudian kedua di Jawa Barat, kontributor penyumbang kasus yang cukup tinggi yaitu di Depok, Bekasi Kota, Bekasi Kabupaten, dan Karawang, oleh karena itu menjadi atensi bagi kita,” sebut dia.

Sejumlah jurus atau strategi yang harus dilakukan pemerintah Kota Depok juga telah disampaikan Tito kepada Pemerintah Kota Depok. Langkah ini kata dia, penting untuk segera dilakukan agar kasus COVID di daerah penyangga, termasuk Depok bisa turun.

“Perlu ada upaya penguatan kesehatan terutama treatment, BOR. Tadi saya dijelaskan dan diskusi kita secara detail, terus percepatan vaksinasi, termasuk bagaimana membuat sistem penyuntikan yang berbasis kampung, misalnya bekerjasama dengan TNI Polri, disamping pusat vaksinasi massal, kemudian yang berikutnya lagi adalah mengenai bansos,” sebut dia. (lala/*)