Menangis Tak Perlu Malu, Ternyata Manfaatnya Nggak Main-main

Menangis. (Foto: Istimewa)
Menangis. (Foto: Istimewa)

DepokToday– Kebanyakan orang berusaha menahan tangis karena malu atau bahkan takut dianggap lemah. Padahal menangis merupakan reaksi wajar yang muncul saat seseorang mengalami hal-hal emosional seperti bersedih, marah, atau bahagia.

Tak selalu buruk, ternyata menangis juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Tanpa disadari, menangis akan memberikan ketenangan jiwa serta membantu pulihkan perasaan. Berikut ini lima manfaat baik menangis baik bagi kesehatan fisik dan mental.

Pertama, melepaskan toksin. Tangisan bukan hanya membersihkan mental, tapi juga tubuh.

Air mata yang diproduksi oleh stres akan membantu tubuh mengeluarkan zat-zat kimia yang meningkatkan kadar kortisol, hormon stres.

Selain lewat tangisan, zat-zat toksin juga dikeluarkan melalui keringat, urine, atau menghembuskan napas.

Kedua, membunuh bakteri. Tangisan yang dalam juga bisa menjadi cara lain membunuh bakteri.

Air mata mengandung cairan lysozyme, juga ditemukan pada air susu ibu, cairan mani, air liur, dan lendir hidung, bisa membunuh 90-95 persen bakteri dalam waktu 5-10 menit.

Ketiga, memperbaiki penglihatan. Air mata, dibuat oleh kelenjar lacrimal, bisa membersihkan penglihatan dengan cara melumasi bola mata dan kelopak mata.

Saat membran mata dehidrasi, penglihatan kita menjadi agak buram. Air mata akan membasahi lapisan mata, menjaganya tetap lembab, dan menghilangkan debu.

Keempat, memperbaiki mood. Jatuhnya air mata juga bisa membuat mood kita menjadi lebih baik.

Baca Juga: XL Axiata, Kementerian PPPA, dan IWAPI Dorong Kepemimpinan Wanita

Menangis bisa menjadi cara yang lebih baik dibandingkan antidepresan dalam hal memperbaiki mood. Orang yang menderita gangguan kecemasan juga merasa lebih positif setelah menangis.

Kelima, cara komunikasi. Menangis bisa menunjukkan perasaan lebih dari kata-kata, terutama dalam sebuah hubungan.

Hal ini terutama pada pasangan yang sering memiliki reaksi berbeda saat menghadapi situasi tertentu. Lewat air mata, orang lain akan bisa melihat apa yang kita rasakan. (lala/*)