Menang Tos-tosan, Spanyol Lolos ke Semifinal Piala Eropa 2020

Pemain Spanyol berlari setelah memastikan kemenangan atas Swiss melalui adu tendangan penalti.(Foto: Twitter Euro2020)
Pemain Spanyol berlari setelah memastikan kemenangan atas Swiss melalui adu tendangan penalti.(Foto: Twitter Euro2020)

SAINT PETERSBURG—Spanyol lolos ke semifinal Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Swiss 4-2 pada babak perempat final di Saint Petersburg, Rusia, Sabtu dini hari WIB.

Skor 4-2 adalah hasil keseluruhan pertandingan yang berakhir melalui adu tendangan penalti. Babak tos-tosan terpaksa dimainkan karena kedua tim bermain imbang 1-1 hingga dua kali babak perpanjangan waktu selesai.

Spanyol unggul lebih dulu pada babak pertama setelah pemain Swiss, Denis Zakaria, melakukan gol bunuh diri pada menit ke-8.

Di babak kedua, Swiss berhasil menyamakan skor 1-1 lewat gol Xherdan Shaqiri di menit ke-68. 

Setelah gol penyeimbang tercipta, Swiss harus bermain dengan 10 pemain sejak menit 77 karena Remo Freuler diganjar kartu merah oleh wasit.

Meski kehilangan satu pemain, Swiss tetap mampu mempertahankan skor hingga babak kedua berakhir bahkan sampai selesainya dua kali babak extra time. Pemenang laga pun terpaksa dicari lewat adu tendangan penalti.

DIBACA JUGA: Swiss Lagi Percaya Diri, Spanyol Ingin Balas Kekalahan di Piala Dunia 2010

Dalam drama adu tendangan penalti, Swiss hanya berhasil membobol gawang Spanyol satu kali dari empat kali tendangan. Sedangkan Spanyol sukses menjebol tiga kali gawang Swiss dari lima kali tendangan. Skor akhir tendangan penalti adalah 3-1 untuk kemenangan Spanyol.

Spanyol pun lolos ke semifinal Piala Eropa 2020. Di babak empat besar nanti, Spanyol menunggu pemenang antara Belgia vs ltalia (pertandingan masih berlangsung hingga berita ini ditulis).

Unai Simon.(Foto: Twitter Euro2020)
Unai Simon.(Foto: Twitter Euro2020)

“Kami pantas menjadi pemenang. Kami harus masuk ke semifinal dengan segar, percaya diri dan dengan kepala tegak. Kami harus memenangkan Piala Eropa sekarang,” kata Kiper Spanyol, Unai Simon, yang mendapat trofi Star of the Match.

Mikel Oyarzabal, yang menjadi penentu kemenangan Spanyol dalam tendangan penalti, mengatakan, jika timnya menghasilkan pertandingan seperti ini di semifinal, Spanyol memiliki peluang untuk memenangi Piala Eropa.

Mikel Oyarzabal (melompat), penendang penalti terakhir yang memastikan kemenangan Spanyol atas Swiss.(Foto: Twitter Euro2020)
Mikel Oyarzabal (melompat), penendang penalti terakhir yang memastikan kemenangan Spanyol atas Swiss.(Foto: Twitter Euro2020)

“Tidak ada ruang untuk kegagalan dan, untungnya, saya memasukkan penalti saya,” ucap Oyarzabal kepada EURO2020.com.

Kurang Beruntung

Sementara di kubu lawan, Penyerang Swiss, Xherdan Shaqiri, berbicara kepada EURO2020.com, tetap bangga dengan timnya meskipun harus gugur di perempat final.

“Saya sangat bangga dengan tim. Penaltinya sedikit 50-50. Saya gugup menonton adu penalti. Saya pikir kami hanya kurang beruntung hari ini,” katanya.

DIBACA JUGA: Lihat Disini Jadwal Perempat Final Piala Eropa 2020

Hal yang sama disampaikan Kiper Swiss, Yann Sommer. Ia juga mengenang kekalahan Swiss atas Swedia 0-1 di babak 16 besar Piala Dunia 2018 di tempat ini.

“Saya memiliki kilas balik ketika kami kebobolan, karena itu sama dengan yang kami kebobolan di sini melawan Swedia tiga tahun lalu. Tapi saya sangat bangga dengan tim, apa telah kami capai di sini dengan seluruh negara di belakang kami,” tandas Sommer.

(tdr/*)