Menang 3-1 Atas Makedonia Utara, Austria Pimpin Klasemen Grup C

Aksi Stefan Lainer di mulut gawang Makedonia Utara.(Foto: Twitter @uefaeuro2020)
Aksi Stefan Lainer di mulut gawang Makedonia Utara.(Foto: Twitter @uefaeuro2020)

BUKARES—Stefan Lainer, Michael Gregoritsch dan Marko Arnautovic membawa Austria menang atas Makedonia Utara 3-1 pada pertandingan Grup C Piala Eropa 2020 di National Arena, Bukares, Minggu 13 Juni 2021 malam WIB.

DIBACA JUGA: Mengenal Bukares, Tuan Rumah Piala Eropa 2020

Stefan Lainer membuka keran gol Austria pada menit ke 18. Makedonia Utara yang merupakan tim debutan di Piala Eropa 2020, mampu menyamakan kedudukan melalui gol Goran Pandev. Laga babak pertama ditutup dengan skor 1-1.

Goran Pandev (depan) melakukan selebrasi golnya ke gawang Austria.(Foto: Twitter @uefaeuro2020)
Goran Pandev (depan) melakukan selebrasi golnya ke gawang Austria.(Foto: Twitter @uefaeuro2020)

Di babak kedua, Austria menambah dua gol masing-masing dicetak Michael Gregoritsch menit 78 dan Marko Arnautovic satu menit menjelang waktu normal babak pertama berakhir. Skor akhir 3-1 untuk kemenangan Austria.

Hasil tersebut membuat Austria sementara ini menempati posisi pertama klasemen Grup C Piala Eropa 2020 dengan tiga poin.

Perolehan poin Austria sama dengan Belanda yang menang dramatis atas Ukraina 3-2 di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, dini hari tadi. DIBACA JUGA: Ukraina Sempat Bikin Skor Imbang 2-2, Belanda Akhirnya Menang Dramatis

Meski poin yang didapat Austria dan Belanda sama, namun Belanda menempati posisi kedua klasemen Grup C karena jumlah kebobolan lebih banyak.

 

Klasemen sementara Grup C Piala Eropa 2020.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)
Klasemen sementara Grup C Piala Eropa 2020.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

Begitu juga dengan Ukraina dan Makedonia Utara. Perolehan poin mereka sama (nol—red) namun Ukraina berhak nongkrong di posisi ketiga klasemen Grup C, berada di atas Makedonia Utara yang menempati dasar klasemen.

Reaksi Pelatih

Pelatih Makedonia Utara, Igor Angelovski, kecewa dengan hasil ini karena mereka mendapat dukungan langsung dari suporter.

“Saya tidak dapat menggambarkan atmosfer yang diberikan oleh para penggemar kami kepada kami, dan saya menyesal. Kami tidak dapat menanggapinya dengan hasil yang lebih positif. Saya harap kami akan membuat mereka bangga pada pertandingan berikutnya,” harap Angelovski dilansir uefa.com.

DIBACA JUGA: Pembagian Grup dan Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020

Sementara itu, Pelatih Austria, Franco Foda, kebalikannya. Ia memuji permainan anak asuhnya dan strategi yang diterapkan berjalan dengan baik.

“Pada babak pertama, kami mengatakan kami ingin memainkan bola ke depan lebih cepat, yang kami lakukan jauh lebih baik. Kami jauh lebih mobile. Di atas segalanya, pergantian pemain benar-benar membuahkan hasil. Gregoritsch dan Arnautovic memberi tim dorongan baru. Secara keseluruhan saya pikir itu adalah kemenangan yang pantas,” tandas Foda.

(tdr/*)