Melongok Kampung Tangguh di Tugu, Ini Jurus Polri Redam Penyebaran COVID-19

Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah saat meninjau Kampung Tangguh (Istimewa)

CIMANGGIS- Status Depok kembali berada pada level zona merah, atau dengan kata lain beresiko tinggi penyebaran COVID-19. Terkait hal itu, berbagai upaya pun semakin gencar dilakukan banyak pihak untuk menekan ruang gerak virus berbahaya tersebut.

Salah satu instansi yang juga sangat serius pada penanganan COVID-19 adalah Polri. Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah menuturkan, untuk menekan penyebaran COVID-19, pihaknya telah memperkuat sebanyak 34 titik Kampung Tangguh, seperti yang ada di lingkungan RW 10, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis.

“Ini kita fokuskan yang masuk zona merah, supaya zona merah berubah bukan hanya orange, pengennya langsung hijau. Saat ini kita fokuskan yang merah agar segera membaik menjadi orange atau kuning,” katanya saat berada di Kampung Tangguh RW 10, Kelurahan Tugu pada Kamis 24 Desember 2020

Di kawasan tersebut, jelas Azis, warga dengan semangat gotong royong telah berkomitmen untuk mengatasi persoalan pandemi ini. Upaya itu mendapat dukungan dan perhatian serius dari pemerintah, maupun TNI-Polri.

“Warga RW 10 Kelurahan Tugu ini sudah sangat luar biasa ya untuk memproteksi diri. Berbagai upaya sudah dilaksanakan, mulai dari protokol kesehatan, termasuk ketahanan ekonomi juga sudah dilaksanakan bahkan keamanan juga diperhatikan oleh Kampung Tangguh ini.”

Baca Juga: Tim Pemburu COVID-19 Geber Razia Hingga ke Mall

Berdasarkan laporan sampai saat ini, kata Azis, tercatat ada sekira 11 warga yang terkonfirmasi positif dan harus menjalani isolasi mandiri, maupun perawatan lebih lanjut di rumah sakit. Peran Kampung Tangguh ini di antaranya mencukupi kebutuhan pasien yang melakukan isolasi mandiri, seperti menyediakan sembako.

“Jadi disini ada Lumbung Pangan. Saya rasa ini sangat bagus ya langkah yang dilakukan Pak Rw. Lumbung Pangan ini mengakomodir kebutuhan sembako bagi warga yang terdampak COVID-19,” katanya

Terkait hal itu, Azis mengaku pihaknya akan terus memberikan dukungan pada warga, khususnya mereka yang ada di area Kampung Tangguh.

Pemberian paket sembako di Kampung Tangguh RW 10, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis (Istimewa)

Adapun bantuan yang diberikan seperti 50 paket sembako, ditambah 100 kilo gram beras dan uang tunai untuk lumbung pangan warga.

“Kemudian nanti akan kita tambahkan dua alat desinfektan kecil ya, yang untuk keliling. Kemudian juga kita buka pelayanan rapid test dan swab gratis,” paparnya

“Oh ya jangan lupa ada probiotik untuk asupan vitamin. Ini untuk warga terutama warga yang menderita maupun yang sehat supaya tetap terjaga imun dan kesehatannya,” timpalnya lagi. (dik/*)