Meksiko Rebut Posisi Juara Grup B dari El Salvador

Pemain Meksiko merayakan gol semata wayang Luis Rodriguez di menit ke-26.(Foto: Twitter Gold Cup)
Pemain Meksiko merayakan gol semata wayang Luis Rodriguez di menit ke-26.(Foto: Twitter Gold Cup)

DALLAS, TEXAS—Meksiko merebut posisi teratas Grup A Piala Emas 2021 yang dipegang El Salvador. Tidak hanya itu, sang juara bertahan juga lolos ke perempat final.

Ini terjadi setelah Meksiko menang tipis 1-0 atas El Salvador di Cotton Bowl, Dallas, Texas, Senin 19 Juli 2021 pagi WIB.

Suporter Meksiko.(Foto: Twitter Gold Cup)
Suporter Meksiko.(Foto: Twitter Gold Cup)

Meksiko yang hanya membutuhkan hasil seri untuk lolos ke babak delapan besar tampil langsung menekan.

Hasilnya, Luis Rodriguez memecah kebuntuan 1-0 di menit ke-26 usai menerima umpan dari Hector Herrera. Tembakan Rodriguez yang sedikit membelok meluncur deras melewati kiper El Salvador, Mario Gonzalez.

Gol semata wayang ini bertahan sampai pertandingan berakhir, meski kedua tim memiliki beberapa peluang mencetak gol.

DIBACA JUGA: Meksiko Butuh Hasil Seri untuk Lolos ke Perempat Final Piala Emas 2021

Dengan tambahan tiga poin, Meksiko berhak menjadi juara Grup A dengan total tujuh poin, menggeser El Salvador yang di dua pertandingan sebelumnya berada di puncak klasemen.

El Salvador, yang sudah lolos lebih dulu ke semifinal, harus turun satu digit ke posisi kedua atau runner-up dengan enam poin.

T&T Imbang

Di pertandingan Grup A lainnya yang berlangsung di Frisco, Texas, Trinidad dan Tobago (T&T) main imbang 1-1 Guatemala.

Bermain di Stadion FC Dallas, Senin pagi, 19 Juli 2021, T&T unggul duluan setelah Reon Moore membobol gawang Guatemala di menit 12.

Akan tetapi, keunggulan T&T yang sempat bertahan hingga babak pertama usai itu, luntur karena Guatemala berhasil menyamakan skor 1-1 di babak kedua.

Klasemen akhir Grup A Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)
Klasemen akhir Grup A Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)

DIBACA JUGA: Trinidad dan Tobago, Guatemala Bersemangat untuk Menang: “Ini penting”

Gol balasan dari Guatemala terjadi pada menit ke-77, ketika Ceballos melakukan tendangan sudut. Gerardo Gordillo lompat tinggi di dalam kotak penalti untuk menyambut bola dan menyundulnya melewati Marvin Phillip, kiper sekaligus kapten T&T.

Setelah menit-menit akhir yang menegangkan dihitung mundur, hasil imbang 1-1 tidak berubah sampai babak kedua selesai. Trinidad dan Tobago, serta Guatemala, tersingkir. Meski tereliminasi, kedua tim bisa bangga dengan penampilan mereka.

(tdr/*)