Meksiko Butuh Hasil Seri untuk Lolos ke Perempat Final Piala Emas 2021

Sesi latihan Meksiko sebelum bertanding melawan El Salvador.(Foto: Twitter @miseleccionmx)
Sesi latihan Meksiko sebelum bertanding melawan El Salvador.(Foto: Twitter @miseleccionmx)

DALLAS, TEXAS—Meksiko hanya butuh hasil seri untuk lolos ke babak perempat final Piala Emas 2021 saat melawan El Salvador di laga terakhir Grup A, Senin 19 Juli 2021 pagi WIB.

Pertandingan yang akan dihelat di Cotton Bowl ini sebenarnya sudah tidak berpengaruh bagi El Salvador, yang sudah memastikan satu tempat di babak delapan besar.

Hanya saja, hasil akhir melawan Meksiko—sanga juara bertahan—bakal menjadi acuan siapa lawan tanding El Salvador di perempat final. Tak hanya itu, hasil laga ini juga menentukan siapa pemuncak klasemen akhir Grup A.

DIBACA JUGA: Amerika Serikat vs Kanada, Penentu Juara Grup B Piala Emas 2021

El Salvador saat ini menduduki posisi pertama klasemen Grup A dengan enam poin. Meksiko berada di urutan kedua dengan empat poin.

Klasemen sementara Grup A Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)
Klasemen sementara Grup A Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)

Kemenangan akan membawa kedua tim menjuarai Grup A, namun kekalahan bisa berdampak pada posisi Meksiko karena Trinidad dan Tobago masih punya peluang lolos ke perempat final, dengan catatan menang besar melawan Guatemala di hari yang sama.

Pelatih Kepala Meksiko, Gerardo ‘Tata’ Martino, dengan hangat menyambut ujian yang lebih kuat untuk lini pertahanan timnya saat bentrok dengan El Salvador.

“El Salvador adalah tim yang akan menyerang lebih banyak daripada Trinidad dan Tobago dan Guatemala, jadi kami harus lebih berhati-hati, terutama ketika mereka meluncurkan serangan balik,” tegas Martino kepada concacaf.com.

“Mereka dapat memanfaatkan ruang, jadi dalam beberapa hal kami akan memainkan permainan untuk melihat apakah pertahanan kami sekokoh yang mereka tunjukkan di dua pertandingan pertama,” Martino menambahkan.

Gerardo 'Tata' Martino.(Foto: Twitter)
Gerardo ‘Tata’ Martino.(Foto: Twitter)

Kiper Meksiko, Alfredo Talavera,  mengatakan bahwa gaya menyerang El Salvador seharusnya menguntungkan pendekatan Meksiko yang sama agresifnya.

“Saya pikir satu lawan satu akan menentukan karena El Salvador adalah tim yang keluar untuk bermain, menyerang dan menguasai bola, dan saya pikir itu akan menguntungkan kami jika mereka menyerang kami karena kami bisa memainkan sepakbola yang lebih longgar,” ulas Talavera dalam wawancara eksklusif dengan concacaf.com.

“Melawan tim yang bermain bertahan jauh lebih sulit, tetapi melawan tim yang suka saling berhadapan, Meksiko suka bermain melawan tim seperti itu dan itu akan menjadi pertandingan yang menarik,” sambung Talavera.

Kesempatan Mengubah Sejarah

Gelandang El Salvador, Darwin Ceren, sudah tidak asing lagi menghadapi Meksiko, setelah berkali-kali melawan El Tricolor di kompetisi Concacaf.

DIBACA JUGA: El Salvador Lolos ke Perempat Final, Meksiko Menjaga Asa

Ini menjadi kesempatan bagi La Selecta untuk mencatatkan kemenangan Piala Emas pertama atas Meksiko, setelah tiga kali mengalami kekalahan pada laga sebelumnya.

“Kami tahu bahwa Meksiko selalu menjadi lawan yang tangguh, tetapi pada saat yang sama itu adalah lawan yang membuat Anda termotivasi untuk menghadapinya,” tutur Ceren.

Menurut dia, timnya sangat termotivasi untuk menghadapi Meksiko dan mereka ingin memenangkan pertandingan itu. “Ini kesempatan untuk mengubah sejarah,” terang Ceren.

Skuat El Salvador di Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)
Skuat El Salvador di Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)

Pelatih Kepala El Salvador, Hugo Perez, akan memiliki gagasan yang lebih jelas tentang seberapa banyak kemajuan timnya dengan bagaimana mereka tampil melawan juara bertahan Piala Emas.

“Saya pikir hal terpenting bagi kami adalah kami terus melakukan apa yang kami lakukan, dan mempertahankan gagasan tentang bagaimana kami ingin bermain,” katanya.

“Meksiko yang kami tahu adalah yang terbaik di Concacaf, jadi bagi kami ini akan menjadi ujian besar untuk melihat seberapa jauh kami telah melangkah,” pungkas Perez.

(tdr/*)