Mayat Bayi Dibuang di RSU Bunda Aliyah, Pemda Gagal Lindungi Anak

RSU Bunda Aliyah, Depok. (Depoktoday.hops.id)
RSU Bunda Aliyah, Depok. (Depoktoday.hops.id)

DEPOK- Temuan jasad bayi di tempat sampah toilet Rumah Sakit Umum atau RSU, Bunda Aliyah, Depok, menuai sorotan Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA). Kasus itu telah ditangani polisi.

“Kalau saya ini adalah kejadian luar biasa, kerena rumah sakit kan sebuah tempat yang seharusnya melindungi anak, kok bisa ditemukan (mayat bayi),” kata Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, Senin 7 Juni 2021.

Ia mengaku tak habis pikir ada kasus seperti itu di rumah sakit.

“Kalau misalnya di luar rumah sakit mungkin ada orang yang sengaja menaruh di situ, tapi kalau dilingkungan rumah sakit itu kejadian luar biasa menurut saya.”

Baca Juga: Bayi Ditinju Sampai Bonyok, Komnas PA Singgung Depok Kota Layak Anak

Menurutnya, peristiwa ini betul-betul mencoreng Kota Depok.

“Karena kasus bukan di luar, karena biasanya itu di bak sampah, dalam kamar mandi, nah ini dilingkungan rumah sakti yang seharusnya melindungi  anak-anak.  Kan tidak mungkin serta merta orang melahirkan di sana kalau tidak difasilitasi di situ.”

Arist kembali menekankan, agar Pemerintah Kota Depok melakukan evaluasi secara total tentang perlindungan anak.

“Saya tidak menyoroti keberadaan kota layak anak tapi menyoal kepemimpinan yang sekarang. Itu pertanda perlu didiskusikan kegagalan dari pemerintah daerah untuk melindungi anak-anak,” ujarnya.

Baca Juga: Geger! Petugas Kebersihan Temukan Mayat Bayi Ditumpukan Sampah

Arist menambahkan. “Terus ada kejadian pembuangan bayi di rumah sakit itu kejadian yang luar biasa. Saya belum pernah dengar baru kasus seperti ini, selain di Depok.”

Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait (tengah) saat mendatangi P2TP2A Depok (Depoktoday.hops.id)
Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait (tengah) saat mendatangi P2TP2A Depok (Depoktoday.hops.id)

Biasanya, kasus itu terjadi di kamar mandi, atau ditinggal dipanti asuhan. “Ini dibuang di suatu rumah sakit. Ini kejadian yang luar biasa, ini mencoreng kepemimpinan pemerintahan yang sekarang,” katanya.

Ia berharap, pelaku dihukum berat. “Karena itu kejahatan luar biasa.”

Kronologi Mayat Bayi Dibuang di RSU Bunda Aliyah

Diberitakan sebelumnya, sesosok jasad bayi ditemukan terbungkus plastik di dalam tempat sampah toilet RSU Bunda Aliyah di Jalan Kartini, Depok pada Minggu malam, 6 Juni 2021.

Sayangnya, pihak manajemen rumah sakit itu belum bersedia dimintai keterangan oleh awak media. Namun seorang petugas keamanan setempat membenarkan kejadian tersebut.

“Iya. (Bayinya) dimasukin plastik tempat sampah kamar mandi dalam rumah sakit. Dibungkus plastik. Ditemukannya malam di kamar mandi pasien,” katanya.

Baca Juga: Geger! Petugas Kebersihan Temukan Mayat Bayi Ditumpukan Sampah

Sementara itu, Kapolsek Pancoran Mas, Komisaris Polisi Triharjadi juga tak menampik adanya kejadian tersebut.

“Itu (temuan mayat bayi) sudah diserahkan ke PPA Polres Metro Depok ya, karena menyangkut anak dan perempuan,” katanya

Ia mengaku, mendapat laporan terkait temuan mayat bayi di Rumah Sakit Umum Bunda Aliyah tadi pagi. “Informasi seperti itu, tapi sudah diserahkan ke PPA.” (rul/*)