Mau Divaksin, Buruan Cek Tautan Informasi Vaksin Ini

Program vaksinasi di Polsek Beji. (DepokToday.com)
Program vaksinasi di Polsek Beji. (DepokToday.com)

DEPOK – Bagi warga yang membutuhkan informasi vaksinasi, pemerintah telah menyiapkan akses untuk mengetahui jadwal dan lokasi vaksin di Pulau Jawa dan Bali .

Seperti telah dilansir dari situs pemerintah Covid-19.go.id, berikut tautannya.

Hei kamu yang ada di Pulau Jawa dan Bali, apakah sudah divaksinasi? Jika belum, yuk buruan daftar di fasilitas kesehatan terdekat dengan lokasimu.

Cek lokasi dan kontaknya di https://covid19.go.id/faskesvaksin

Layanan informasi faskes untuk vaksin ini akan segera menyusul untuk wilayah lainnya di luar Jawa dan Bali.

Sukseskan program vaksinasi COVID-19 dan tetap disiplin protokol kesehatan 3M: Memakai masker, Menjaga jarak serta hindari kerumunan, dan rutin Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

Baca juga: Bikin Heboh, Annisa Pohan Curiga Ada Kejanggalan di Balik Vaksinasi

Untuk informasi terkait COVID-19 kunjungi situs resmi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id/.

Sebagai informasi, masih dilansir dari situs pemerintah, dalam pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 di Indonesia, pemerintah mengupayakan ketersediaan vaksin terpenuhi untuk setidaknya 208.265.720 penduduk dapat tercapainya kekebalan kelompok.

Upaya-upaya pengadaan vaksin ini dilakukan melalui perjanjian bilateral dan perjanjian multilateral seperti COVAX Facility bersama GAVI dan WHO, ataupun donasi yang diberikan oleh negara-negara sahabat.

Baca juga: Menkes Tegaskan Vaksin Gotong Royong Individu Hanya Opsi

Ada 6 jenis vaksin COVID-19 yang akan digunakan di Indonesia, yakni Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer, dan Novavax.

Masing-masing dari jenis vaksin ini memiliki mekanisme untuk pemberiannya masing, baik dari jumlah dosis, interval pemberian, hingga platform vaksin yang berbeda-beda, yakni inactivated virus, berbasis RNA, viral-vector, dan sub-unit protein. Vaksin yang disediakan adalah vaksin yang sudah dipastikan keamanan dan efektivitas. (lala/*)