Masyarakat Tidak Perlu Khawatir Ganjil Genap di Margonda, Polisi: Ada Alternatif

Penyekatan di Jalan Margonda. (DepokToday.com)
Penyekatan di Jalan Margonda. (DepokToday.com)

DepokToday – Kasat Lantas Polres Metro Depok, Ajun Komisaris Besar Polisi Andi Indra Waspada mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir terhadap rencana penerapan ganjil genap di Jalan Margonda Raya.

Dengan diterapkannya ganjil genap perjalanan tidak akan terganggu, karena banyak alternatif yang tengah disiapkan.

“Menurut saya nggak usah khawatir. Gage (ganjil genap) di Depok ini hanya untuk mengurangi (beban jalan) dan kalau memang pada saat berlaku nanti kan hanya mengalihkan arus saja,” kata Andi kepada wartawan, Sabtu 2 Oktober 2021.

Baca Juga: Sudah Oktober, Ganjil Genap di Depok Belum Diuji Cobakan

Andi mengatakan, untuk sementara gage hanya diberlakukan di Jalan Margonda Raya, sehingga saat penerapannya, masih banyak jalan alternatif yang bisa dilewati. “Nanti berlakunya Sabtu Minggu pukul 10.00 pagi hingga 20.00 malam,” kata Andi.

Andi mengatakan, penerapan gage di Jalan Margonda hanya segmen 2 dan 3 yaitu mulai dari flyover UI sampai dengan Jalan Juanda.

“Misalnya dia dari arah Jakarta (Lenteng Agung) mau ke Margonda, kita siapkan alternatif ke jalan Komjen M Jasin, terus tembusnya nanti Juanda, begitupun dari arah sebaliknya dari arah Depok menuju Jakarta,” kata Andi.

Lebih jauh Andi mengatakan, selain penyiapan jalur alternatif, kendaraan roda dua dan masyarakat yang tinggal di sepanjang Jalan Margonda Raya pun akan dikecualikan, “Intinya, untuk roda empat, roda dua tidak. Kemudian kalau dia rumahnya disitu ya kita akan memperbolehkan (lewat),” kata Andi.

Sebelumnya diberitakan, pelaksanaan perdana gage di Kota Depok akan dimulai pada Oktober 2021 dengan diawali uji coba selama 2 pekan. Rencananya ganjil genap hanya akan diterapkan di waktu weekend saja yakni Sabtu dan Minggu. (ade/*)