Masih Level 4, Jenderal Listyo Sigit Singgung Penanganan COVID di Depok  

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau pelaksanaan vaksin di UI. (DepokToday.com)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau pelaksanaan vaksin di UI. (DepokToday.com)

DepokToday- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, sampai saat ini Depok masih berada pada peringkat level 4 atau dalam kategori tinggi penyebaran COVID-19. Terkait hal itu, ia berharap semua pihak bekerja lebih keras.

“Depok saat ini masih dalam level 4. Tentunya ini perlu kerja keras dari kita semua seluruh elemen yang ada, untuk bagaimana bekerjasama menurunkan level ini dari level 4 menjadi level 3,” katanya saat meninjau lokasi vaksin di Universitas Indonesia (UI), Depok pada Kamis, 12 Agustus 2021.

Listyo yakin, dengan kerjasama yang baik maka pandemi COVID-19 akan segera berlalu.

“Ini butuh kerjasama seluruh elemen dengan bersatu. Tentunya dengan melakukan prokes (protokol kesehatan) yang ketat, mempercepat kegiatan vaksinasi,” ujarnya

Kemudian, Listyo Sigit juga menyinggung soal tiga hal yang tetap harus dilakukan, pertama 3 M (mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak). Langkah selanjutnya 3 T (testing, tracing dan treatment).

Layanan vaksinasi dengan sistem drive thrue di RSUI Depok. (DepokToday.com)
Layanan vaksinasi dengan sistem drive thrue di RSUI Depok. (DepokToday.com)

Dalam kesempatan ini, Jenderal Listyo Sigit juga mengapresiasi sekaligus bangga terhadap rekan-rekan yang tergabung dalam sentra vaksinasi mahasiswa Indonesia yang dilaksanakan oleh rekan-rekan dari civitas UI.

“Mari bersama-sama berkontribusi dalam melaksanakan percepatan terkait upaya pemerintah untuk mewujudkan herd immunity. Tentunya ini adalah hal yang harus terus kita pertahankan, dan diharapkan dapat diikutii oleh rekan-rekan kita yang lain,” ujarnya.

“Sebagaimana kita ketahui, saat ini sudah lebih 1,5 tahun kita sama-sama berjuang melawan pandemi COVID-19 dan angka kasus aktif harian sampai saat ini masih fluktuatif, tentunya ini menjadi perhatian kita semua,” sambungnya.

Data Listyo Sigit Soal COVID

Listyo menyebut, berdasarkan catatan saat ini, angka kasus aktif harian kurang lebih 30 ribu orang, sementara secara nasional sekira 3 juta kasus dan sudah ratusan ribu yang meninggal dunia.

“Tentunya ini menjadi keprihatinan kita bersama, bagaimana kita berjuang melawan pandemi COVID.”

Terkait hal itu, Listyo Sigit mengatakan, banyak program yang telah dilakukan pemerintah dalam rangka menahan laju COVID, menyembuhkan, dan juga meningkatkan kekebalan daya tahan terhadap virus ini.

Baca Juga: AKP Syafri Wasdar Sulap Mobil Dinas Jadi Gerai Vaksin Keliling

Beberapa program sudah dilaksanakan, mulai dari PSBB, PPKM, kemudian PPKM Darurat, dan saat ini kita masuk dalam tahapan PPKM Level 1 dan 4.

“Tentunya ini semua dilakukan semata-mata untuk menjaga agar segera mengembalikan situasi yang bisa kita lihat masih sangat tinggi, dan pemerintah masih harus melaksanakan pembatasan mobilitas. Namun di satu sisi sektor ekonomi juga harus kita perhatikan,” katanya. (rul/*)