Martinik Keok dari Haiti, Tapi Pemainnya Cetak Sejarah 1.000 Gol

Kevin Fortune.(Foto: Twitter Gold Cup)
Kevin Fortune.(Foto: Twitter Gold Cup)

FRISCO, TEXAS—Kevin Fortune dari Martinik mencetak gol bersejarah di menit ke-53, meskipun itu tak bisa menyelamatkan timnya dari kekalahan atas Haiti 1-2.

Gol sundulan kepala Fortune di Toyota Stadium, Senin 19 Juli 2021 pagi WIB, menjadi yang ke-1.000 sepanjang sejarah Piala Emas.

Martinik tertinggal 0-1 dari Haiti pada menit ke-3 ketika umpan silang Derrick Etienne Jr. disambut menjadi gol oleh Carnejy Antoine.

Pertandingan Haiti melawan Martinik di Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)
Pertandingan Haiti melawan Martinik di Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)

Antoine memiliki peluang bagus untuk mengubahnya menjadi dua nol di menit ke-16, tetapi tendangannya masih melebar dari tiang gawang.

Kemudian di menit ke-25, Haiti memiliki peluang back-to-back untuk mencetak gol melalui Ronaldo Damus dan Etienne Jr, namun keduanya digagalkan oleh kiper Martinik, Arnaud Huyghues Des Etages.

DIBACA JUGA: Amerika Serikat vs Kanada, Penentu Juara Grup B Piala Emas 2021

Martinik berusaha bangkit di babak kedua dan mereka akan melakukannya dengan cara yang tak terlupakan. Gol Fortune tiba di menit ke-53 ketika Abaul melayangkan umpan silang dan penyerang Martinik ada di sana untuk mencetak gol ke-1.000 Piala Emas.

Namun, momentum kembali menguntungkan Haiti ketika pemain Martinik, Sebastien Cretinoir, diusir keluar lapangan karena kartu merah. Ini membuat Les Matinino bertanding dengan 10 pemain dengan waktu pertandingan tersisa setengah jam.

Klasemen akhir Grup B Piala Emas 2021.(Foto: Gold Cup)
Klasemen akhir Grup B Piala Emas 2021.(Foto: Gold Cup)

Unggul jumlah pemain, Haiti berhasil mencetak gol lewat Ricardo Ade di menit 61. Tugas comeback Martinik semakin berat di menit ke-78 ketika Patrick Burner diusir keluar lapangan setelah mendapat kartu merah.

Martinik pun harus bermain dengan sembilan pemain di menit-menit terakhir. Dengan keunggulan dua pemain, Haiti dapat dengan tenang menyelesaikan turnamen mereka dengan kemenangan.

Hasil tersebut menempatkan Haiti berada di posisi ketiga klasemen akhir Grup B Piala Emas 2021 dengan tiga poin. Sedangkan Martinik berada di urutan paling bawah dengan nilai nol. Kedua tim sama-sama gugur di turnamen ini.

(tdr/*)