Mantan Wakapolres Depok Sebut Pentolan KKB Tewas Ditembak

Pentolan KKB yang tewas ditembak aparat (Foto: Istimewa)
Pentolan KKB yang tewas ditembak aparat (Foto: Istimewa)

DepokToday- Salah satu pentinggi Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB, tewas ditembak aparat gabungan TNI-Polri dalam kontak senjata yang berlangsung di wilayah Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, pada Jumat 17 September 2021.

Belakangan diketahui, pria yang ditembak mati itu adalah Elly M Bidana, salah satu komandan operasi KKB.

Aparat gabungan TNI-Polri sengaja melakukan penyerbuan ke wilayah Distrik Kiwirok karena sebelumnya KKB telah sering kali melakukan aksi teror terhadap warga dan tenaga kesehatan setempat.

Tak hanya itu, berdasarkan catatan, KKB pimpinan Lamek Taplo juga telah melakukan penyerangan, pembakaran, dan pembunuhan tenaga kesehatan (nakes) di kawasan tersebut.

“Jadi, saat melakukan penelusuran, pasukan gabungan TNI-Polri mendapat tembakan dari KKB pimpinan Lamek Taplo,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Mustafa Kamal dalam siaran persnya yang dikutip dari JPNN pada Sabtu 18 September 2021.

Karena KKB telah menyerang lebih dulu, pasukan TNI-Polri pun tak tinggal diam. Alhasil, aski saling tembak pun tak dapat dihindari.

Dalam kejadian ini, satu anggota KKB tewas, sedangkan dua orang lainnya mengalami luka serius.

“KKB yang meninggal atas nama Elly M Bidana yang mengklaim dirinya sebagai Komandan Operasi KKB Ngalum-Kupel pimpinan Lamek Taplo,” jelas Kamal.

Aksi Keji Pentolan KKB yang Dibikin Tewas

Lebih lanjut mantan Wakapolres Depok itu mengatakan, setelah komandan operasinya itu tewas tertembak dan dua anggota lainnya terluka, sejumlah anggota KKB itu langsung mundur dan membawa ketiganya.

Baca Juga: Terpopuler DepokToday, 18 September 2021: Amerika Bakal Kirim Pasukan, Awas, Jangan Salah Pilih

Kamal mengungkapkan, KKB pimpinan Lamek Taplo sebelumnya melakukan aksi teror di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin 14 September 2021, lalu.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Mustafa Kamal (Foto: Istimewa)
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Mustafa Kamal (Foto: Istimewa)

Mereka membakar sejumlah fasilitas umum berupa sekolah, rumah warga, kantor distrik, bank, dan puskesmas. “KKB juga beberapa kali melakukan aksi kekerasan di beberapa distrik terjauh di Kabupaten Pegunungan Bintang.”

Selain itu, KKB Papua juga menyerang petugas kesehatan setempat dan bahkan ada yang diperkosa. (rul/*)