Mantan Karutan Depok Pimpin Razia di Rutan Bangkalan, Ini Hasilnya

Kalapas Narkotika Kelas II A Pamekasan, Sohibur Rachman pimpin operasi gabungan di Rutan Bangkalan (DepokToday.com)
Kalapas Narkotika Kelas II A Pamekasan, Sohibur Rachman pimpin operasi gabungan di Rutan Bangkalan (DepokToday.com)

DepokToday- Berbagai upaya untuk mencegah peredaran narkoba, maupun barang terlarang lainnya kian gencar dilakukan petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan). Salah satunya seperti yang terlihat di Rutan Kelas II B Bangkalan, Madura.

Di tempat tersebut, selain sosialisasi petugas juga rutin melakukan pemeriksaan atau razia di sejumlah kamar blok hunian para narapidana alias napi.

Bahkan kali ini, petugas rutan setempat turut melibatkan tim gabungan yang dipimpin langsung oleh Ketua Satopspatnal Korwil Madura, yakni Kalapas Narkotika Kelas II A Pamekasan, Sohibur Rachman pada Jumat, 20 Agustus 2021.

Baca Juga: Pakar ITB Ingatkan Ancaman Tsunami di Jakarta, Warga Diminta Berdoa

Pria yang akrab disapa Sohibur itu mengatakan, target dari operasi gabungan ini di antaranya adalah narkotika, handphone dan barang terlarang lainnya. Operasi di Rutan Bangkalan ini melibatkan 52 personil gabungan.

Sohibur menegaskan, kegiatan tersebut merupakan wujud nyata dari komitmen jajaran pemasyarakatan, khususnya Korwil Madura untuk mencegah handphone, pungli dan narkoba (halinar).

Temuan di Rutan Bangkalan

Dari hasil pemeriksaan sementara, petugas tidak menemukan adanya narkoba ataupun handphone dari dalam Rutan Bangkalan. Namun petugas berhasil mendapati beberapa pisau rakitan, botol kaca dan sejumlah benda terlarang lainya.

“Pada dasarnya semua lingkungan wajib digeledah, baik pada kamar hunian napi maupun dilingkungan rutan,” tuturnya.

Razia di dalam rutan (DepokToday.com)
Razia di dalam rutan (DepokToday.com)

“Hal ini dilakukan, karena tidak menutup kemungkinan semua tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat penyimpangan barang-barang terlarang di dalam rutan,” timpalnya lagi.

Baca Juga: RT Zona Merah Depok Semakin Sedikit, Ini Daftarnya

Lebih lanjut mantan Kepala Rutan Depok itu berharap, dengan kegiatan ini, Rutan Bangkalan tetap selalu bersih dari halinar sehingga bisa menjadi percontohan bagi rutan lainnya.

“Kegiatan ini sekaligus menjawab keraguan dari sebagian masyarakat yang mengganggap masih banyak pungli, handphone dan peredaran narkoba di dalam rutan,” tegas Sohibur Rachman. (rul/*)