Malaysia, Thailand Incar Posisi Teratas saat UEA dan Indonesia Menunggu

Trofi Piala Dunia.(Foto: FIFA)
Trofi Piala Dunia.(Foto: FIFA)

DUBAI—Thailand dan Malaysia memiliki peluang untuk naik ke puncak klasemen Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan catatan memetik kemenangan saat mereka masing-masing menghadapi Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) di Dubai, Kamis 3 Juni 2021.

Saat ini Vietnam memimpin grup G tetapi Malaysia atau Thailand bisa berada di puncak di penghujung hari Kamis ini, sementara negara tuan rumah (UEA-red), yang bermain lebih sedikit dari keempat tim lainnya, dapat mempersempit celah poin dengan kemenangan.

UEA vs Malaysia

Menjadi tuan rumah pertandingan grup yang tersisa, UEA memulai kembali kampanye mereka di kualifikasi ini sejak dua tahun lalu, ketika mereka menghadapi Malaysia.

Syafiq Ahmed membuka skor untuk Malaysia dalam satu menit setelah kick-off, tetapi 43.000 penggemar tim tuan rumah di Stadion Nasional Bukit Jalil dibungkam ketika pencetak gol terbanyak sepanjang masa UEA, Ali Mabkhout, memborong dua gol di babak kedua. UEA menang 2-1 atas Malaysia.

Baca Juga: Timnas Indonesia Raih Poin Pertama Hasil Imbang Lawan Thailand

Sejak pertandingan itu, Malaysia telah bernasib lebih baik dari lawan mereka yang lebih berpengalaman, mengalahkan Thailand 2-1 dan Indonesia 2-0, setelah sebelumnya kalah dari Vietnam 1-0.

Hasilnya, Malaysia berada di urutan kedua, unggul tiga poin dari UEA, tetapi Malaysia telah memainkan satu pertandingan lebih banyak.

Thailand vs Indonesia

Mengincar posisi teratas grup, Thailand menghadapi Indonesia dengan mengetahui bahwa kemenangan akan membawa mereka melampaui pemimpin klasemen saat ini, Vietnam.

Akan tetapi Thailand juga membutuhkan hasil UEA mengalahkan Malaysia jika mereka ingin mengakhiri pekan ini di posisi puncak.

Terlepas dari absennya pemain papan atas seperti Chanathip Songkrasin dan Theerathon Bunmathan, pasukan pelatih Akira Nishino akan yakin akan kemenangan melawan tim Indonesia yang belum mengumpulkan satu poin pun.

Bunmathan mencetak gol dari titik putih dan Supachok Sarachat mencetak dua gol ketika kedua tim terakhir bertemu di matchday dua, dengan Thailand meraih kemenangan 3-0. Sarachat akan berharap untuk mengulangi prestasi itu saat ia memimpin upaya menyerang Thailand.

Dan sementara harapan Indonesia untuk lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 telah pupus. Namun Indonesia tetap mengincar kemenangan pertamanya.

Sumber: afc.com