Malam Minggu Gabut? Portugal vs Jerman Bisa Jadi Obatnya

Kiper Jerman, Manuel Neuer (kiri), dan penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo.(Foto: Tangkapan Layar situs resmi UEFA)
Kiper Jerman, Manuel Neuer (kiri), dan penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo.(Foto: Tangkapan Layar situs resmi UEFA)

MUNCHEN—Malam minggu kalian gabut atau cuma rebahan saja? Tenang, Piala Eropa 2020 menyajikan pertandingan seru loh, big match antara Portugal melawan Jerman.

Portugal dan Jerman akan bertanding di Allianz Arena, Munchen, malam ini pukul 23:00 WIB. DIBACA JUGA: Kesempatan Prancis dan Portugal Mengunci Tiket 16 Besar

Pertandingan putaran kedua penyisihan Grup F Piala Eropa 2020 itu diprediksi bakalan seru loh gaes. Sebab, kedua tim elite Eropa ini sama-sama mengincar kemenangan.

Portugal, yang sudah mengoleksi tiga poin, membutuhkan kemenangan lawan Jerman. Kalau menang, tambahan tiga poin lagi akan mengantarkan si babang tamvan Cristiano Ronaldo dkk ke babak 16 besar. DIBACA JUGA: Siapa Lagi yang Menyusul Italia, Belgia, dan Belanda?

Apalagi, Pelatih Portugal, Fernando Santos, sudah menyatakan bahwa timnya tidak takut menghadapi Jerman. Santos ingin timnya menang.

“Saya sama sekali tidak takut dengan Jerman. Saya pikir kedua tim akan saling menghormati karena mereka tahu bahwa di laga lainnya (Grup F), ada kekuatan kuat yang mampu menentukan pertandingan,” kata Santos dilansir uefa.com.

Pemain Portugal melakukan latihan sebelum bertanding melawan Jerman.(Foto: Twitter Portugal)
Pemain Portugal melakukan latihan sebelum bertanding melawan Jerman.(Foto: Twitter Portugal)

“Untuk berpikir bahwa Portugal adalah favorit lawan Jerman, bermain di Jerman, melewati batas. Jika para pemain berpikir seperti itu, kami bahkan tidak akan bermain imbang!” Tambah Ramos.

Begitu juga dengan Jerman. Tim Panser wajib menang atas Portugal jika tidak ingin pintu menuju babak ke 16 besar tertutup rapat. Jerman harus menang karena poin mereka masih nol usai keok dari Prancis 0-1 pada laga pembuka Grup F.

Pelatih Jerman, Joachim Low, menegaskan berbicara tentang Portugal bukan hanya cuma Cristiano Ronaldo, tetapi ada empat sampai lima pemain Portugal lainnya yang harus diwaspadai.

Joachim Low.(Foto: Twitter Euro 2020)
Joachim Low.(Foto: Twitter Euro 2020)

“Portugal tidak hanya memiliki Cristiano Ronaldo dalam serangan, tetapi empat atau lima pemain lain dengan kemampuan luar biasa. Mereka mampu menentukan pertandingan besar seperti ini sendiri. Mereka mudah beradaptasi dan kuat secara teknis. Sangat sulit menahan mereka karena sangat sulit untuk merebut bola dari mereka,” beber Low.

Rekor Gol Internasional

Di pertandingan malam minggu ini, Cristiano Ronaldo yang di laga pertama mencetak dua gol ke gawang Hungaria, akan berupaya keras untuk bisa membobol gawang Jerman.

Selama Cristiano Ronaldo main bola, ternyata pemain yang saat ini berkostum Juventus, itu belum pernah bikin gol ke gawang Jerman dalam empat laga terakhir.

Nah, apakah malam ini mantan pemain Manchester United dan Real Madrid bisa melakukannya? Andai kata dapat mencetak gol satu saja ke gawang Jerman, maka “kutukan” itu telah luntur.

Cristiano Ronaldo (kanan) memainkan bola dengan tangannya disela latihan tim Portugal.(Foto: Twitter Portugal)
Cristiano Ronaldo (kanan) memainkan bola dengan tangannya disela latihan tim Portugal.(Foto: Twitter Portugal)

Keberhasilan Cristiano Ronaldo mencetak gol di pertandingan nanti, maka akan semakin mendekatkan pemain berjuluk CR7 ke rekor gol internasional yang saat ini dipegang legenda Iran, Ali Daei, dengan jumlah 109 gol.

Selisih gol antara Cristiano Ronaldo dengan Ali Daei kini hanya terpaut tiga gol saja. Dengan tambahan dua gol ke gawang Hungaria saat Portugal menang 0-3, pundi-pundi gol CR7 jadi 106 gol selama membela timnas sepak bola Portugal.

Artinya pemain berusia 36 tahun ini butuh tiga gol lagi untuk menyamakan rekor gol internasionalnya Ali Daei.

Cristiano Ronaldo, kapten tim Portugal.(Foto: Twitter Cristiano Ronaldo)
Cristiano Ronaldo, kapten tim Portugal.(Foto: Twitter Cristiano Ronaldo)

CR7 bahkan bisa melampaui rekor tersebut bila melesakkan empat gol dan berhak menjadi raja gol sejagat. Kesempatan ini masih terbuka lebar karena Portugal punya dua pertandingan di Grup F, melawan Jerman dan terakhir melawan Prancis.

Oh iya, dua golnya ke gawang Hungaria juga sudah membuat Cristiano Ronaldo melampaui rekor 9 gol sepanjang sejarah Piala Eropa yang dibukukan legenda Prancis, Michael Platini.

Dwi gol Cristiano Ronaldo itu menambah koleksi golnya di Piala Eropa menjadi 11 gol. Waaah…, hebat yaa. DIBACA JUGA: Bikin Dwi Gol, Cristiano Ronaldo Raja Gol Piala Eropa

Nah penasaran kan, bakalan ada apa lagi yang terjadi di Piala Eropa 2020 malam nanti, khususnya rekor-rekor baru yang kemungkinan dibuat oleh Cristiano Ronaldo.

Makanya daripada gabut, mending nonton deh pertandingan sang juara bertahan Piala Eropa 2016, Portugal, dengan jawara Piala Dunia empat kali (1954, 1974, 1990, dan 2014), Jerman. Kali aja bisa jadi obat kegabutan kalian ya gaes.

(tdr/*)