Maksimalkan PJJ Tahun Ajaran Baru, Disdik Depok Buat Sejumlah Inovasi

Ilustrasi Sekolah PAUD (Istimewa)

DEPOK – Tahun ajaran baru sudah dimulai dengan sistem yang tidak berbeda dari sebelumnya, yaitu pembelajaran jarak jauh atau lewat mekanisme dalam jaringan (daring).

Melihat kondisi tersebut, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok berupaya berinovasi dalam pengembangan metode pembelajaran jarak jauh.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Sekolah Menengah Pertama (SMP), Disdik Kota Depok Muhammad Yusuf menerangkan, sejumlah inovasi cara pembelajaran dilakukan pada tahun ajaran baru ini untuk memudahkan dan juga membikin proses pembelajaran semakin menyenangkan.

“Terkait mekanisme, saya menggambarkan semester kemarin itu kadis berharap ada inovasi ya. Makanya dari semester satu ke dua itu ada perubahan,” sebut Yusuf dilansir 19 Juli 2021

Dia menerangkan, Disdik Depok memanfaatkan layanan youtube untuk guru memberikan materi belajar. “YouTube channel itu diisi oleh guru-guru di Kota Depok, di sana ada informasi awal kita tahun ini mau belajar apa, karena selama ini itu kan nggak sampai ke orang tua. Kita dapat arahan dari pak kadis,” terang dia.

Baca juga: Tekan Antrian UGD, Pemkot Jadikan Asrama UI Tempat Pemulihan Pasien

Disdik juga menyiapkan klinik belajar bagi siswa yang dalam aplikasinya, guru bisa memberikan pembelajaran tatap muka bagi murid yang merasa belum bisa menerima pembelajaran dengan baik secara daring.

Cara ini kata dia, tetap memerhatikan protokol kesehatan. “Untuk klinik belajar ini dulu itu lima orang kalau sekarang paling banyak tiga orang. Itu juga harus melihat situasi dan juga izin dari orang tua,” ucap dia.

Ada juga sarana konseling yang diberikan Disdik Depok untuk orang tua atau siswa curhat tentang kegiatan sekolah atau lainnya.

Dalam hal ini, Disdik bekerjasama dengan Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok.

“Jadi dari DPAPMK yang akan memberikan konseling. Kita sebar nomor yang bisa dihubungi,” terang dia. (lala/*)