Memaksimalkan Penanganan COVID-19, 11 Puskesmas Cari 44 Nakes

Tenaga kesehatan kelelahan. Foto: DW
Tenaga kesehatan kelelahan. Foto: DW

DepokToday – Guna memaksiamalkan program penanganan COVID-19 Dinkes Depok menjalankan replikasi program puskesmas terpadu dan juara (PUSPA), saat ini Dinkes Depok mencoba untuk merekrut 44 tenaga kesehatan yang akan ditugaskan di 11 puskesmas di 11 kecamatan Kota Depok.

Pelaksanaan program ini dituangkan dalam kegiatan Optimalisasi Pelayanan Kesehatan Pasien Covid-19 Kota Depok tahun 2021.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Dinkes Kota Depok, Kurnia Permitasari mengatakan, Program PUSPA merupakan program yang diinisiasi  oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Center for Indonesia’s Strategic Development Initiative (CISDI) yang dimulai dari bulan Maret 2021 dan berakhir di bulan September 2021.

“ Diharapkan dengan penambahan tenaga kesehatan di puskesmas pelaksana program PUSPA maka dapat memberi penguatan puskesmas dalam upaya memutuskan mata rantai penularan COVID-19 di Kota Depok,” sebut dia.

Baca Juga: Padahal Mematikan, Kebanyakan Pria Terlambat Sadari Kanker Prostat, Begini Cirinya

“Tentunya dengan tetap menyelenggarakan tugas dan fungsi Puskesmas yaitu upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan primer yaitu dengan sejumlah cara,” papar dia.

Dia memaparkan, penguatan upaya 3T (Tracing, Testing, Treatment) dalam penanganan COVID-19, memiliki sistem data terintegrasi, memastikan keberlanjutan pelayanan kesehatan essensial di puskesmas termasuk kegiatan vaksinasi COVID-19.

“Melakukan edukasi kepada masyarakat terkait 3M melalui upaya promosi Kesehatan, pembentukan kader Surveilans Berbasis Masyarakat (SBM),” sebut dia.(lala/*)