Maknai Kemerdekaan RI, Prof Edie Toet: Ini Bukan Negara Gagal

Rektor UP, Prof Edie (DepokToday.com)
Rektor UP, Prof Edie (DepokToday.com)

DepokToday- Plt Rektor Universitas Pancasila (UP), Prof Edie Toet Hendratno menyayangkan masih banyak warga Indonesia yang justru menjelek-jelekan bangsanya sendiri. Edie mengumpamakan kondisi tersebut dengan perlakuan terhadap orang tua.

“Kita itu masing-masing tentu punya orang tua. Adalah tidak etis, tidak pantas, dan tidak baik, kalau kita menjelek-jelekan orang tua kita sendiri. Nah orang tua kita semua adalah Indonesia ini,” katanya usai memimpin upacara peringatan HUT RI Ke 76, di lapangan UP Jakarta Selatan, pada Selasa, 17 Agustus 2021.

Ia menyebut, makna kemerdekaan itu timbul dari rasa nasionalisme. Terkait hal itu, Edie Toet teringat dengan film perjuangan yang mengkisahkan seorang komponis pencipta lagu Indonesia Raya, WR Soepratman.

“Saya bangga. Itu tahun 1926-1927 masih jauh dari kemerdekaan. Lagu Indonesia Raya sudah mulai dibikin pada waktu itu dan dia dipenjara oleh Belanda karena mengarang lagu tersebut. Itu karena ada nasionalisme.”

Baca Juga: Ruas Jalan di Depok Mendadak Hening, Superhero Ini Ikutan Bawa Bendera

Sebagai salah satu wujud rasa bangga terhadap Indonesia, Edie Toet memilih mengenakan pakaian adat Jawa saat upacara tadi.

Ia pun berharap, nantinya para pimpinan kampus UP bisa melakukan hal yang sama, mengenakan pakaian adat daerah sebagai simbol jiwa nasionalisme.

“Supaya tidak menjadi bagian dari yang menyebarluaskan berita-berita yang negatif. Ini punya kita loh. Kita harus bangga.”

Pesan Prof Edie Toet

Edie menuturkan, Indonesia adalah bangsa yang hebat dan kuat. Sebagai buktinya, kata dia, Indonesia masuk dalam 10 besar negara dengan ekonomi terbaik.

“Secara politis kita juga dihargai negara-negara lain. Kemudian, usaha menekan kemiskinan juga terus dilakukan. Jadi banyak prestasi-prestasi yang dicapai bangsa kita melalui pemerintahan kita,” ujarnya.

Prof Edie pimpin upacara HUT RI di lapangan utama Universitas Pancasila, Jakarta. (DepokToday.com)
Prof Edie pimpin upacara HUT RI di lapangan utama Universitas Pancasila, Jakarta. (DepokToday.com)

“Nah itu kita angkat supaya kita bangga dengan negara kita sendiri. Kan masih banyak kita baca di koran orang yang justru jelek-jelekin bangsa sendiri. Itu menurut saya nggak paslah. Sama tadi contohnya, massa orang tua sendiri kita jelek-jelekin. Inikan rumah kita. Sejelek apapun itu orang tua kita, sejelek apapun ini negara kita,” sambungya.

Menurut dia, Indonesia kelak akan menjadi negara besar dan disegani dunia.

“Kita sadari kita (Indonesia) belum sempurna, tapi kita harus akui bahwa kita banyak kemajuan. Ini (Indonesia) bukan akan menjadi negara gagal, tidak,” tegasnya. (rul/*)