Makin Mendunia, Kini Jepang Pesan Petai dan Jengkol 4 Ton

Petai dan jengkol (Istimewa)
Petai dan jengkol (Istimewa)

DepokToday- Penikmat santapan nusantara tentu sudah tak asing lagi dengan petai dan jengkol. Nah kabarnya, kedua bahan pangan itu kini semakin gila-gilaan di ekspor ke luar negeri loh.

Baru-baru ini, salah satu negara yang menjadi langganan pemesan petai dan jengkol adalah Jepang. Dilansir dari goodnewsfromindonesia, petai dan jengkol yang dikirim ke negeri sakura itu berasal dari Sumatra Utara.

Ini tentu capaian yang luar biasa mengingat pasar konsumen Jepang dikenal ketat akan pemilihan kualitas. Nilai ekspornya mencapai Rp 339 juta sebanyak 4 ton.

Baca Juga: Resign dari Pekerjaan, Tia Sukses Jadi Pengusaha RSA, Begini Kisahnya

Sebenarnya, ekspor petai dan jengkol ke negara tetangga juga pernah dilakukan sebelumnya, hanya saja dalam jumlah kecil. Ekspor kali ini merupakan ekspor dengan kapasitas terbesar yang pernah dilakukan.

Di sisi lain, kepopuleran jengkol nyatanya sudah terbukti sejak tahun 2018 lewat sebuah acara khusus yaitu Festival Jengkol Indonesia (FJI), yang berlangsung di Kota Bekasi.

Petai dan Jengkol Mendunia

Ketua panitia FJI, Kamila, bahkan mengungkap bahwa keberadaan jengkol sudah mulai dilirik oleh masyarakat mancanegara.

“Masyarakat Korea, Jepang, bahkan Amerika, banyak yang sudah mengenal jengkol dan mereka doyan. Mereka sudah mulai melirik makanan khas ini,” kata Kamila dikutip pada Sabtu 4 September 2021.

Baca Juga: Melongok Geliat UMKM Depok, Omset Menjanjikan Kaum Emak-emak

Selain itu, olahan yang dibuat juga tidak selalu identik dengan semur. Salah satu peserta pameran yang berpartisipasi, Anne Rose Innah, rupanya menghadirkan beragam menu olahan jengkol, yang nyatanya juga mendapat banyak respons positif.

Adapun berbagai santapan yang menggunakan jengkol sebagai bahan utamanya yaitu dimsum, cilok, dan tahu krispi jengkol. (rul/*)