Makam Jenazah Pasien COVID di Sawangan Amblas, Begini Kronologisnya

Makam di TPU Pasir Putih (Istimewa)
Makam di TPU Pasir Putih (Istimewa)

DEPOK – Diduga karena hujan lebat serta tanah yang kurang padat, makam jenazah pasien COVID-19 di TPU Pasir Putih, Sawangan amblas. Dari informasi yang berhasil dihimpun, ada sekira 10 makam yang mengalami amblas di lokasi.

Salah seorang penjaga makam, Dede menceritakan kronologisnya, hujan lebat terjadi pada Rabu malam 21 Juli 2021. Hujan itu sempat berlangsung selama beberapa saat. Setelah itu, diketahui sejumlah makam amblas. “Sekitar 10 makam yang amblas,” kata Dede kepada wartawan.

Dirinya yang mengecek kondisi makam pada pagi harinya menemukan tanah makam sudah ringsek. “Mungkin tanahnya kurang padat, jadi amblas. Atau bisa juga karena petinya jebol, jadi tanah masuk ke dalam peti dan makamnya amblas,” sebut dia.

Baca juga: Kedatangan 300 Paket Obat, Kodim 0508/Depok Siap Distribusikan ke Pasien Isoman, Begini Alurnya

Kini menurut dia, makam pasien COVID-19 yang amblas telah diperbaiki dengan timbunan tanah. Pihaknya juga melakukan penebalan tanah di lokasi makam lainnya.

“Dari pihak pemakaman akan diperbaiki lagi. Baru beberapa hari ini sih tanah makam amblas kejadiannya,” sebut dia.

Sebagaimana diketahui, Pemkot Depok menjadikan sejumlah lahan pemakaman menjadi lokasi pemakaman pasien COVID-19. Termasuk juga dengan lahan pemakaman di Sawangan.

Pemkot juga membuka sejumlah lahan baru menjadi lokasi pemakaman pasien COVID-19 lainnya, seperti di Kecamatan Tapos dengan kapasitas memadai. (lala/*)