LLDIKTI Jabar-Banten Kunjungi STKIP Arrahmaniyah

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus pembinaan dosen ke STKIP Arrahmamiyah.(DepokToday/Eru)

BOPONTER-Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus pembinaan dosen ke STKIP Arrahmamiyah, yang berlokasi di Jalan Masjid Al Ittihad, Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok Jumat (17/1/2020).

Dalam sambutannya, Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jabar-Banten, Uman Suherman menyampaikan meski secara geografis STKIP Arrahmaniyah berada di kampung, tapi lembaga pendidilkan yang mencetak para tenaga pendidik dan kependidikan ini tidaklah kampungan.

“Mahasiswa kuliah di Arrahmaniyah ini sebagai wujud kepercayaan masyarakat. Karena itu, dosen harus menjadi idola bagi mahasiswa. Dosen jangan menakutkan dan jangan menyedihkan,” ungkapnya.

Menurutnya, dosen sangat menentukan masa depan mahasiswa, sehingga dalam mengajar dosen bukan hanya mentransfer dan mentransformasi Ilmu, tapi juga mentransfer nilai.

“Seandainya mahasiswa berasal dari orang-orang yang ‘apa adanya’, dosen memiliki tugas mengubah mahasiswa menjadi sosok yang ‘apa-apanya ada’,” imbuhnya.

Dosen, katanya lagi, dalam mengajar harus menjadi transformasi karena transformasi itu adalah bentuk perpindahan menuju sistem yang lebih baik, yang berorientasi pada perubahan, dengan mengedepankan pemberian inspirasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan, yakni punya visioner dan inspirasional.

“Tamatan Arrahmaniyah juga harus menjadi orang yang punya daya serap, gawe, atau kerja,” katanya.

Kepala STKIP Arrahmaniyah, Memed Karmedi mengatakan pembinaan dan pembakalan bagi para dosen STKIP Arrahmaniyah sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi para dosen.

“Dosen di Arrahmaniyah S3 sebanyak 12 orang dan yang S2 62 orang. Jumlahnya 74 orang. Mudah-mudahan dosen-dosen yang masih S2 bisa meningkatkan jenjang pendidikannya menjadi S3,” tuturnya.

Memed merinci dosen yang sudah mempunyai jenjang kepangkatan akademik, yaitu lektor baru 6 orang, asisten ahli 12 orang, dan yang sudah sertifikasi 2 orang.

“Program kami, lektor paling tidak 20 orang, asisten ahli 40 orang, dan yang sertifikasi 16 orang,” ujarnya.

Sementara, Ketua Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Arrahmaniyah, KH. Abudin Somad menyampaikan harapannya dengan kehadiran LLDIKTI akan membawa kemajuan bagi STKIP Arrahmaniyah.

“Pengurus yayasan merasa bangga hati dan bersyukur karena kunjungan ini merupakan rahmat bagi Arrahmaniyah. Silaturahim adalah kunci dari timbulnya rahmat dari Allah Swt. Sejak berdiri, lembaga ini memang bertujuan untuk kemaslahatan umat,” katanya.(eru)