Lionel Messi Tidak akan Bertahan di Barcelona, Ternyata Ini Masalahnya

Lionel Messi.(Foto: FC Barcelona)
Lionel Messi.(Foto: FC Barcelona)

DepokToday—Klub La Liga Spanyol, Barcelona, mengatakan Lionel Messi tidak akan bertahan di klub “karena hambatan finansial dan struktural”.

Pemain berusia 34 tahun itu berstatus bebas agen sejak 1 Juli saat kontraknya habis. Dia menyetujui kesepakatan baru tentang pengurangan upah dengan klub dua minggu kemudian, tetapi itu tergantung pada Barca yang menjual pemain untuk membayar gajinya.

“Kedua belah pihak sangat menyayangkan keinginan pemain dan klub pada akhirnya tidak akan terpenuhi,” kata pihak klub.

BACA JUGA: Liga Champions UEFA 2021/2022, Lihat di Sini Kapan Dimulai dan Berakhir

Barcelona mengatakan Messi siap untuk memperpanjang 21 tahun karirnya dengan klub dengan menandatangani kontrak baru pada hari Kamis, dan menyalahkan La Liga atas kegagalan untuk melakukannya.

Messi telah mencapai kesepakatan untuk tetap bersama tim Catalan hingga 2026 – tetapi La Liga mengatakan klub harus mengurangi upah sebelum dia dan pemain baru dapat didaftarkan.

“Meskipun FC Barcelona dan Lionel Messi telah mencapai kesepakatan dan niat yang jelas dari kedua belah pihak untuk menandatangani kontrak baru hari ini, ini tidak dapat terjadi karena kendala finansial dan struktural [peraturan La Liga Spanyol],” kata klub tersebut.

“FC Barcelona dengan sepenuh hati mengucapkan terima kasih kepada pemain atas kontribusinya untuk kemajuan klub dan mendoakan yang terbaik untuk masa depan dalam kehidupan pribadi dan profesionalnya,” lanjut pernyataan klub.

Lionel Messi mencium trofi Copa America 2021.(Foto: Twitter Copa America)
Lionel Messi mencium trofi Copa America 2021.(Foto: Twitter Copa America)

Ke Mana Messi Berlabuh?

Messi adalah pencetak rekor Barcelona dengan 672 gol dan telah memenangkan 10 gelar La Liga, empat Liga Champions dan tujuh Copa del Rey, serta mengklaim Ballon d’Or pada rekor enam kali.

Menjaga Messi di Nou Camp telah menjadi prioritas utama presiden Joan Laporta musim panas ini. Masa depan Barca dari seorang pemain yang secara luas dianggap sebagai salah satu yang terbesar di dunia sepanjang masa, bagaimanapun, telah sangat rumit oleh masalah keuangan klub.

BACA JUGA: Diaz dan Messi Top Skor Sementara Copa America 2021

Pemilihan presiden awal tahun ini diadakan dengan latar belakang Barca berada di ambang kebangkrutan. Pemain asal Argentina ini bisa dibilang kini menjadi pemain paling laris di dunia sepak bola.

Messi telah lama dikaitkan dengan kepindahan ke Paris Saint-Germain (PSG) atau Manchester City, di mana ia akan dipertemukan kembali dengan mantan bos Barcelona, Josep Pep Guardiola. Major League Soccer (MLS) Amerika, disebut-sebut adalah pilihan lain Messi.

Pengumuman bahwa Messi akan pindah datang setahun setelah dia mengirim faks ke bos Barcelona yang mengatakan dia ingin menggunakan klausul dalam kontraknya yang akan memungkinkan dia pergi secara gratis musim panas lalu.

Beberapa hari kemudian dia mengatakan akan bertahan, mengakui bahwa “mustahil” bagi tim mana pun untuk membayar klausul rilis 700 juta euro (£ 624 juta), yang menurut Barca harus dipenuhi.

(Sumber: BBC.co.uk)