Lingkungan RT 02 Pos Citayam Diportal, Ronda Malam Dimunculkan Lagi

Portal di lingkungan RT 02/RW 12 Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok.(Istimewa)

CITAYAM-Warga Kampung Pos Citayam RT 02/RW 12 atau Kampung Pinggir Situ Citayam, Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, mulai membatasi wilayahnya dari orang luar yang tak berkepentingan, Kamis (23/4/2020).

Pembatasan itu dalam upaya warga mencegah pandemi virus Corona atau Covid-19. Adapun cara yang dilakukan dengan membuat portal di tiga titik jalan lingkungan.

“Ada tiga titik portal yang dibuat. Pertama di depan dekat parkiran sepeda motor, kedua di jalan perbatasan dengan RT 01, dan satunya lagi di perbatasan RT 04,” kata Ketua RT 02, Darsono, Jumat (24/4/2020).

Ia menyatakan, ketiga portal itu masing-masing dijaga oleh warga dengan memunculkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

“Nantinya warga luar wilayah sini yang akan masuk wilayah RT 02 akan ditanya oleh warga, mau kemana dan kepentingannya apa,” paparnya.

Ia berharap, pembatasan wilayah ini efektif dalam mencegah pandemi virus Corona, sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman warga dari tindak kejahatan.

Warga yang ronda malam melakukan koordinasi.(Istimewa)

Mengenai Siskamling, Darsono mengungkapkan sudah membuat jadwal ronda malam yang telah disepakati bersama warga.

Ada tujuh grup ronda yang masing-masing grup berjumlah 15-16 orang. Dimulai dari pukul 22.00 sampai 04.00 WIB setiap harinya.

“Kegiatan ronda malam sudah kami mulai Jumat malam ini. Alhamdulillah warga sangat sportif,” katanya.

(rdt)