Limbah Medis di Tempat Sampah, Camat Tapos: Itu Yang Tercecer

Limbah medis yang ditemukan di tempat pembuangan sementara Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos. Foto: Istimewa
Limbah medis yang ditemukan di tempat pembuangan sementara Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos. Foto: Istimewa

DepokToday – Pelaksana tugas (Plt) Camat Tapos Anwar Nasihin mengklaim, limbah medis yang terserak di tempat pembuangan sampah sementara RT01/RW01 Kelurahan Cimpaeun merupakan sisa sampah yang tidak terangkut.

Anwar menyebut, usai pelaksanaan vaksinasi massal yang dilakukan di SMKN 1 Depok pada tanggal 14 Juli 2021 lalu, banyak botol suntik yang tercecer dan tidak terangkut oleh tim yang telah ditunjuk untuk mengumpulkan limbah.

“Informasinya itu setelah pelaksanaan (vaksinasi), sampah-sampah itu sudah dibawa sampai 2 karung, ternyata mungkin ada yang tercecer,” kata Anwar, Senin 26 Juli 2021.

Anwar mengatakan, pihak pelaksana mengaku telah bekerja secara maksimal, karena usai pelaksanaan telah disisir untuk menghidari tertinggalnya sampah usai pelaksanaan vaksinasi.

Baca Juga: Limbah Medis Berserakan di Tempat Sampah, Bekas Vaksinasi Massal?

“Oleh petugas vaksin yang kita bentuk, semua sudah rapi disisir ga ketemu (sampah), ternyata masih ada itu,” kata Anwar.

Lebih jauh Anwar mengatakan, karena pelaksanaan vaksinasi dilakukan di ruang kelas, maka sisa sampah tersebut diyakini tercecer dikolong-kolong bangku dan bersihkan oleh penjaga sekolah.

“Karena nyimpan di bawah bangku, ada tercecer, oleh kebersihan sekolah dibuang ke tempat sampah,” kata Anwar.

Saat ini, petugas sudah membersihkan ratusan jarum suntik itu. Sampah sudah diangkut oleh Satpol PP Kecamatan Tapos menuju tempat khusus untuk kemudian ditangani oleh Dinas Kesehatan Kota Depok sesuai prosedur.

Diberitakan sebelumnya, ratusan botol suntik bekas pakai di tempat pembuangan sampah sementara di kawasan Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos, viral di media sosial.

Ratusan limbah medis tersebut terserak di TPS RT 01/RW 01 kelurahan setempat yang lokasinya tidak jauh dari SMK Negeri 1 Kota Depok.

Akun yang memviralkan kejadian tersebut adalah instagram @depok24jam. Melalui rekaman video, seorang pria berusaha menjelaskan kejadian tersebut, dalam video berdurasi 15 detik.

“Tuh banyak banget buset, ini kalau bocah maenan mah ini aduh bahaya banget,” sebut pria sambil mengarahkan kamera ponselnya ke serakan sampah medis.

Dalam narasinya, akun @depok24jam menyebut kalau sampah medis tersebut diduga limbah bekas pelaksanaan vaksinasi massal yang dilaksanakan di sekolah dekat TPS.

“Kalo gak salah semingguan sebelumnya ada penyuntikan vaksin untuk warga bertempat di sebuah sekolah daerah situ,” tulis postingan tersebut. (ade/*)