Liga AFFI Depok Diikuti 18 Sekolah Futsal, Ada Tim Ceweknya Juga Loh

Pengurus AAFI Regional Depok bersama penyelenggara dari Alego Sport dan peserta Liga.(Foto: Istimewa)
Pengurus AAFI Regional Depok bersama penyelenggara dari Alego Sport dan peserta Liga.(Foto: Istimewa)

DepokToday-Liga Asosiasi Akademi Futsal Indonesia (AAFI) ke-VIII Regional Depok telah resmi bergulir pada hari Minggu 3 Oktober 2021.

Ditandai dengan pemotongan tumpeng, Liga AFFI Regional Depok 2021 ini dibuka langsung oleh Ketua AAFI Kota Depok, Agus Salam, di lapangan futsal Kebon Coding, Jalan H.M. Tohir, Gang Poncol, Kelurahan Pondokcina, Kecamatan Beji, Kota Depok.

Sebanyak 18 akademi atau sekolah futsal yang terdiri dari 12 putra dan 6 putri kategori usia 16 tahun menjadi pesertanya. Mereka tidak hanya berasal dari Kota Depok, tetapi dari Jakarta dan Bogor.

Ketua AAFI Kota Depok, Agus Salam, dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh peserta liga untuk menjunjung tinggi sportivitas.

“Mengedepankan sportivitas baik di dalam maupun di luar pertandingan, dan siap menerima hasil pertandingan, menang ataupun kalah,” kata Agus.

“Menang atau kalah adalah hal yang biasa. Karena pada dasarnya, pemain itu suatu waktu bisa ketemu di liga atau turnamen lain,” sambung pria yang akrab disapa Garay itu.

BACA JUGA: 45 Tim Futsal Berebut Piala LPM Pondok Cina

BACA JUGA: FWP Kampiun Kadiv Humas Polri Cup 2019

Liga AFFI Regional Depok edisi kedelapan ini menggunakan sistem kompetisi penuh, dan berlangsung selama dua bulan. Setiap tim akan saling bertemu dengan format kandang dan tandang.

“Setiap pekan diadakan 15 pertandingan dan akan berakhir pada 14 November 2021. Peserta bukan hanya dari Depok, namun juga wilayah lain, seperti Jakarta dan Bogor,” katanya.

Ketua AAFI Kota Depok, Agus Salam, ketika membuka Liga AAFI ke-VIII Regional Depok.(Foto: Istimewa)
Ketua AAFI Kota Depok, Agus Salam (pegang mic), ketika membuka Liga AAFI ke-VIII Regional Depok.(Foto: Istimewa)

Untuk para juara, hadiah berupa tropi, sertifikat dan perlengkapan latihan seperti jersey, rompi, kun, hingga bola siap untuk dibawa pulang.

“Tim yang juara juga bisa mengikuti liga di tingkat nasional. Jadi, ini semacam seleksi di regional menuju nasional,” terang Garay.

BACA JUGA: Peringati HLN ke-74, ULTG Gandul akan Gelar Turnamen Futsal

BACA JUGA: PKS -Pokja Wartawan Depok Sama Kuat

Pihaknya juga berencana menyelenggarakan liga untuk kategori usia 13 tahun pada November atau Desember mendatang.

Garay mengakui bahwa animo peserta untuk liga ini sangat besar, mengingat selama dua tahun ini tidak dapat diselenggarakan akibat pandemi COVID-19.

“Sejak 2019 liga tidak dapat diselenggarakan akibat pandemi. Kalau turnamen itu biasa dan waktunya hanya satu hari selesai. Liga itu kan selama sekitar dua bulan setiap pekan bertanding,” ungkapnya.

Garay memaparkan, AAFI adalah wadah atau komunitas futsal tingkat grassroot, yang bertujuan untuk melakukan pembinaan bagi para pemain futsal. Sebelum pandemi, AAFI rutin menggelar liga untuk kategori usia 8 tahun, 10 tahun, 13 tahun, dan 16 tahun.

“Harapannya melalui liga ini akan dapat mengembangkan bakat dan minat anak, mengisi waktu dengan kegiatan yang sifatnya positf, meraih prestasi dan menafaatkan jalur prestasi di pendidikan, hingga menjadi pemain futsal professional, mulai dari tingkat Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, bahkan Nasional,” pungkasnya.

Kegiatan Liga AAFI Regional Kota Depok 2021 ini dilaksanakan berkat kerja sama antara pengurus AAFI Kota Depok dengan pihak penyelenggara dari Alego Sport, yang memang mempunyai visi yang sama, yakni untuk mengembangkan pembinaan futsal sejak usia dini.

Semua kegiatan Liga AAFI Regional Depok 2021 ini dapat dilihat langsung di website https://www.alegosport.com.

(tdr/*)