Liga 1 Seharusnya Dimulai Hari Ini, Tapi Ditunda karena COVID-19

Logo PSSI.(Foto: PSSI)
Logo PSSI.(Foto: PSSI)

JAKARTA—Hari ini seharusnya kick-off Liga 1 musim 2021/2022 dimulai. Namun PSSI resmi menunda gelarannya hingga akhir Juli mendatang.

Penundaan ini setelah PSSI menerima surat dari Satgas COVID-19 pada Senin, 28 Juni 2021 yang ditanda tangani oleh Ketua Satgas COVID-19, Ganip Warsito.

DIBACA JUGA: PSSI Beri Sinyal Liga 1 Dimulai Awal Bulan Juli 2021

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengatakan bahwa PSSI memahami dan memaklumi situasi pandemi COVID-19 yang lagi naik atau tinggi di Indonesia.

“Disampaikan pada surat tersebut, Satgas COVID-19 meminta PSSI dan PT LIB untuk menunda kompetisi Liga 1 2021-2022. Untuk itu setelah berkoordinasi dengan Ketua Umum dan Exco PSSI, kami menunda kompetisi sampai akhir Juli 2021,” kata Yunus Nusi.

DIBACA JUGA: Ketum PSSI Terima Kunjungan Raffi Ahmad

“Kami tentu mengikuti arahan pemerintah untuk menunda kompetisi. PSSI berharap pandemi COVID-19 cepat mereda dan situasi segera membaik agar kami dapat menjalankan kompetisi Liga Indonesia,” tambahnya dilansir pssi.org.

Format Series

Seperti diketahui, PSSI sebelumnya sudah merancang kick off kompetisi Liga 1 2021-2022 pada 9 Juli mendatang. Kompetisi tersebut menggunakan format series dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pada laga pembuka akan tersaji PSS Sleman melawan Persija Jakarta. Seluruh pertandingan pun dilaksanakan tanpa kehadiran penonton di stadion.

Persija Persib
Selebrasi Taufik Hidayat usai mencetak gol ke gawang Persib Bandung di final Piala Menpora 2021. (Foto: twitter @Persija_Jkt)

Diberitakan sebelumnya, setelah sukses dengan gelaran Piala Menpora 2021, PSSI tengah merencanakan bergulirnya Liga 1 2021.

DIBACA JUGA: Persija Juara, Gubernur Jakarta: Alhamdulillah, Piala Pertama di Masa Pandemi

Berdasarkan hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Senin, 3 Mei 2021 di kantor PSSI, Jakarta. PSSI berencana memulai laga Liga 1 2021 pada 3 Juli 2021.

Sedangkan Liga 2, kick off-nya direncanakan dua pekan setelah Liga 1 dimulai. Kemudian akan disusul dengan kikc off Liga 3, Elite Pro Academy (EPA), Piala Soeratin, dan kompetisi lainnya.

(Sumber: pssi.org)