Libur Panjang, Puncak Bakal Ditutup Jika Diserbu Wisatawan  

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat di Depok (Istimewa)

DEPOK– Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengimbau warga Jakarta dan sekitarnya untuk menahan diri berwisata di kawasan Puncak, Bogor pada saat libur panjang 28 Oktober sampai 1 November 2020.

“Jadi ikutilah imbauan pemerintah, enggak usah memaksakan diri ke Puncak ke Cianjur. Maksimalkan rekreasi di dekat rumahnya masing-masing saja,” katanya saat ditemui usai melakukan simulasi vaksin di Depok pada Kamis 22 Oktober 2020

Emil mengaku, pihaknya akan segera merapatkan hal tersebut karena ia baru saja mendapat arahan dari pemerintah pusat pada pukul 11:00 WIB.

“Yang arahannya memang memotivasi orang untuk mengurangi pergerakan. Karena kalau lepas kendali, kerumuan tidak terkendali, itu susah untuk menjadikan ukuran,” ujarnya

Mantan Wali Kota Bandung itu mengatakan, berdasarkan pengalaman sebelumnya, memang ada penutupan di kawasan Puncak-Cianjur meski tidak 100 persen. Itu dilakukan di waktu-waktu atau di jam-jam tertentu.

“Dan itu pasti akan kita ulangi, apalagi long week end ini terdeteksi potensinya sangat besar. Karena itu saya juga mengimbau, kalau puncakan biasanya wisatawanya dari Jakarta. Jadi ikutilah imbauan pemerintah.”

Lebih lanjut Emil mengatakan, pihaknya akan melakukan penyekatan-penyekatan jika dirasa volume pergerakan sudah melebihi perkiraan kapasitas. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Jadi intinya tidak dilarang, tapi kami punya kapasitasnya. Kalau dalam hitungan trafick outingnya kapasitasnya berlebih, pasti akan kita tutup,” tegasnya. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here