Lembah Cisadane, Tempat Wisata Bernuansa Alam di Pinggiran Jakarta-Depok

Kedai Kopi Kayangan (Foto: Istimewa)
Kedai Kopi Kayangan (Foto: Istimewa)

DepokToday- Mengisi waktu libur bersama keluarga atau orang terdekat adalah hal yang paling ditunggu. Nah, untuk Anda yang berada di sekitaran Jakarta dan Depok, Lembah Cisadane sepertinya cocok nih.

Selain harga masuknya yang murah meriah alias murmer, tempat alternatif untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam ini lokasinya pun nggak jauh dari Ibu Kota.

Baca Juga: Pekan Depan Sekolah Mulai Laksanakan Tatap Muka Terbatas, Berikut Aturan Mainnya

Lembah Cisadane berada di kawasan Desa Putat Nutug, Ciseeng, Kabupaten Bogor. Waktu tempuh dari Jakarta ataupun Depok pun relative singkat hanya sekira 2 jam-an.

Kolam renang  (Foto: Istimewa)
Kolam renang (Foto: Istimewa)

Selain menyuguhkan panorama alam bernuansa pegunungan, di tempat ini juga terdapat wahana bermain air bagi anak-anak, dengan harga masuk hanya Rp 15 ribu pada hari biasa, dan Rp 20 ribu pada saat weekend. Kemudian di sisi kanan ada kedai kopi.

Nah untuk yang suka kemping ceria, tempat ini juga menyediakan sejumlah tenda dengan rumput yang cukup luas.

Tanaman Herbal di Lembah Cisadane

Tempat ini akan semakin komplit lantaran, bakal dibuka lahan herbal untuk memperoduksi jamu-jamuan atau empon-empon.

“Kami sudah buka lahan sekira 2 hektar untuk tanaman obat, jahe merah, kunyit, sereh dan lain-lain, untuk membuat empon-empon atau jamu. Kedepannya Lembah Cisadane ingin mengembangkan wisata berdasarkan tanaman obat dan membuat minuman kesegaran buatan sendiri,” kata Safitri, pemilik Lembah Cisadane dikutip pada Sabtu 2 Oktober 2021.

Baca Juga: Perusahaan Korsel dan Taiwan Dibobol, Pelakunya Ada Warga Depok

Untuk mengembangkan bisnis wisata berbasis herbal ini, kata Safitri, pihaknya bekerjasama dengan  Universitas Pancasila.

Lokasi kemping (Foto: Istimewa)
Lokasi kemping (Foto: Istimewa)

Nantinya, sejumlah dosen dan mahasiswa perguruan tinggi tersebut akan membantu dari berbagai sektor, seperti penelitian bibit, produksi minuman olahan, hingga pembuatan dan penjualan.

Safitri mengaku sengaja memilih jamu atau empon-empon karena itu adalah minuman olahan asli Indonesia. Terkait hal itu, ia pun mengajak warga sekitar untuk terlibat aktif.

Pemilik Lembah Cisadane, Safitri (DepokToday.com)
Pemilik Lembah Cisadane, Safitri (DepokToday.com)

Safitri berharap, dengan adanya pengembangan wisata ini taraf hidup warga Desa Putat Nutug bisa lebih baik lagi. (rul/*)