Lawan Teror KKB Papua, TNI Kirim Pasukan Berlambang Kalajengking Hitam

TNI (Foto: Istimewa)
TNI (Foto: Istimewa)

DepokToday – Adanya teror yang masih terus berlangsung oleh Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua membuat aparat keamanan harus ekstra dalam bekerja. Rencananya, TNI mengirimkan pasukan berlambang kalajengking hitam, yaitu Yonif 126/Kala Cakti, sebagai Satgas Pamtas RI-PNG.

Melansir dari laman kodam1-bukitbarisan.mil.id, Kasdam I/BB Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono baru saja melaksanakan Pemeriksaan Kesiapan Operasi Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC TA. 2021 di Mako Yonif 126/KC, Batubara.

“Gelar Pasukan ini dilaksanakan bertujuan untuk mengecek Kesiapan Satgas baik personel maupun materiil dan peralatan yang akan digunakan saat melaksanakan Pengamanan perbatasan”, ucap Kasdam seperti dilansir dari Surya.co.id.

Kasdam memberikan penekanan Kepada Satgas Yonif 126/KC yang meliputi kemampuan taktik dan teknik bertempur, kemampuan binter, kemampuan intelijen dan hukum sesuai standard operation procedure.

Tugas Pokok TNI, Menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah yang diwujudkan dengan pengamanan wilayah batas negara, tambahnya.

Lebih lanjut Kasdam I/BB menyampaikan bahwa tugas adalah kehormatan untuk itu Hindari sekecil apapun Pelanggaran dan selalu berdo’a kepada Tuhan YME agar setiap melaksanakan Tugas.

“Semangat dan kembangkan Inovasi serta Kreativitas guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Tugas”, tegasnya.

Di bawah Kodam Bukit Barisan

Sementara itu, melansir dari Wikipedia, Batalyon Infanteri 126/Kala Cakti atau Yonif 126/KC merupakan Batalyon Infantri di bawah komando Korem 022/Pantai Timur, Kodam I/Bukit Barisan.

Embrio batalyon merupakan Yonif 124/Solu Bolon sesuai Skep Pangdam I BB, tanggal 30 April 1962 merupakan penyempurnaan batalyon D yang berkedudukan di Marendal dan dipindahkan ke Sibolga.

Saat ini mako Yonif 126/Kala Cakti bermarkas di Desa Perjuangan, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara.

Yonif 126 KC yang berkedudukan di Bunut, Kisaran dengan 750 personel dengan 3 daerah teritorial yaitu Kabupaten Asahan, Kota Tanjungbalai dan Labuhanbatu memiliki 6 dislokasi yaitu Mayon di Bunut, kompi markas di Sibogat, kompi senapan di Tanjung Kasau, kompi senapan B di Damuli, kompi senapan C di Rantauprapat dan kompi bantuan di Pulo Raja.

Baca Juga: Kompak, Alumni AKABRI 99 Geber Vaksinasi di Bumi Serambi Mekah

Makna Lambang Pasukan Berlambang Kalajengking Hitam

Pasukan ini berlambang seekor kalajengking warna hitam dengan tulisan “Kala Cakti” mengelilinginya. Tulisan itu melambangkan kesatuan yang kokoh, tangkas dilengkapi dengan senjata api bermakna siap melaksanakan tugas.

Tulisan Kala Cakti melambangkan sifat seperti kala dengan ecto ciri sederhana. Serta mempunyai keyakinan yang teguh, kokoh dan percaya kepada diri sendiri, memiliki daya tahan yang tinggi dan kemampuan untuk menghancurkan lawan dengan senjata ampuh.

Memiliki motto berani dan percaya diri kini telah menjadi satuan organik (tempur) dan teritorial.

Dalam kaitan mempersiapkan diri sebagai satuan organik yang handal dan teritorial dalam tugasnya anggota Yonif 126 dibekali dengan kegiatan olahraga seperti beladiri karate beraneka aliran, tenis, voli, sepak bola dan kegiatan ibadah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sesuai agama masing-masing anggota, mengembangkan budaya daerah serta meningkatkan pengetahuan dan wawasan organik dan tempur. (lala/*)