Latar Belakang & Fakta Pertandingan Chelsea vs Villarreal

Chelsea dan Villarreal.(Foto: UEFA via Sportsfile)
Chelsea dan Villarreal.(Foto: UEFA via Sportsfile)

DepokToday—Pemenang Liga Champions UEFA, Chelsea, dan Villarreal sebagai pemenang di Liga Europa UEFA, memperebutkan trofi Eropa pertama tahun 2021/2022 di Belfast.

Chelsea dan Villarreal memperebutkan trofi pertama musim klub Eropa bertajuk Piala Super UEFA yang berlangsung di National Football Stadium di Windsor Park di Belfast, Irlandia Utara, Kamis 12 Agustus 2021 dini hari WIB.

Chelsea mengklaim gelar Liga Champions UEFA kedua mereka pada musim 2020/2021, mengalahkan Manchester City di final yang berlangsung di Portugal. Trofi itu adalah yang kedua setelah tahun 2012.

BACA JUGA: Kai Havertz Antarkan Chelsea Juara Liga Champions 2021

Pemain Chelsea mengangkat trofi Liga Champions.(Foto: UEFA)
Pemain Chelsea mengangkat trofi Liga Champions.(Foto: UEFA)

The Blues—julukan Chelsea—sekarang ingin menambah kesuksesan tunggal mereka di Piala Super UEFA pada tahun 1998; mereka telah kalah tiga kali dalam pertandingan sejak kemenangan di Monaco itu.

Villarreal juga mengatasi tim Liga Premier Inggris untuk mengklaim trofi Eropa musim lalu, dengan mengalahkan Manchester United dalam adu penalti maraton di final Liga Eropa UEFA di Polandia. Ini merupakan trofi besar pertama dalam sejarah sepak bola Villarreal.

BACA JUGA: Sejarah! Trofi Liga Europa Pertama Untuk Villarreal

Selebrasi pemain Villarreal menuju trofi Liga Europa.(Foto: Twitter)
Selebrasi pemain Villarreal menuju trofi Liga Europa.(Foto: Twitter)

Tim asal Spanyol itu kini mengincar untuk menjadi klub ke-25, dan keenam dari Spanyol, yang memenangkan Piala Super UEFA, sejak nama baru pertama di trofi tersebut dijuarai Bayern Munchen dari dua gelar mereka pada 2013.

Kemudian fakta menarik adalah tiga pertandingan Piala Super UEFA terakhir, dan enam dari delapan pertandingan terakhir, harus melalui perpanjangan waktu.

Belfast's Windsor Park di Irlandia Utara, arena pertandingan Chelsea vs Villarreal di Piala Super UEFA 2021.(Foto: Twitter)
Belfast’s Windsor Park di Irlandia Utara, arena pertandingan Chelsea vs Villarreal di Piala Super UEFA 2021.(Foto: Twitter)

Chelsea vs Villarreal adalah pertandingan kompetisi UEFA pertama kedua belah pihak di Irlandia Utara.

Stadion Windsor Park dibuka pada tahun 1905 kemudian direnovasi tahun 1996 dan 2015, biasanya menjadi markas Linfield—tim papan atas Irlandia Utara—serta tim nasional Irlandia Utara.

Stadion Windsor Park di Belfast terpilih sebagai tuan rumah Piala Super UEFA 2021 pada 24 September 2019 oleh Komite Eksekutif UEFA.

(Sumber: UEFA)