Langgar Netralitas, Oknum Kepsek di Depok Masuk Pengadilan

Balai Kota Depok (Istimewa)

CILODONG- Seorang oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Depok, terpaksa menjalani persidangan lantaran diduga melanggar netralitas soal aturan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Terdakwa berinisial S yang diketahui menjabat sebagai Kepala Sekolah Dasar Negeri itu menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Depok, pada Selasa siang, 8 Desember 2020

Koordintor Penanganan Pelanggaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok, Willi Sumarlin, mengungkapkan hari ini sidang tersebut beragendakan dakwaan dan keterangan para saksi.

“Tadi pembacaan dakwaan, ada sekira delapan saksi yang diperiksa. Karena terdakwa tidak ada pembelaan, dia menerima, maka dilanjut pemeriksan saksi-saksi,” ujarnya saat dikonfirmasi awak media

Baca Juga: Pilkada Depok, Bawaslu Pecat Dua Oknum PTPS yang Tak Netral

S dijerat pidana karena hadir dalam kampanye pasangan calon (paslon) tertentu. “Dia mengakui mengikuti kegiatan kampanye terus hadir di situ,” jelas Willi

Dalam kasus ini, Bawaslu menyertakan sejumlah alat bukti, seperti dokumentasi atau foto-foto kegiatan yang dilakukan terdakwa saat mengikuti kampanye.

Akibat perbuatannya itu, S terancam dijerat Pasal 188 juncto Pasal 71 ayat 1, tentang pejabat ASN yang melanggar netralitas karena melakukan tindakan menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon (paslon).

Sidang selanjutnya bakal digelar pada Kamis, 10 Desember 2020. “Agendanya nanti pembacaan tuntutan. Kalau ancaman hukuman terkait pasal Jaksa yang tahu, kami hanya mengantarkan sampai proses Gakumdu (Penegakan Hukum Terpadu),” kata Willi (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here