Lagi, Prajurit TNI Gugur Ditembak KKB Papua, Begini Kronologinya

Ilustrasi TNI diserang KKB (Foto: Istimewa)
Ilustrasi TNI diserang KKB (Foto: Istimewa)

DepokToday- Satu lagi prajurit TNI dikabarkan gugur dalam tugas usai terlibat kontak senjata dengan KKB Papua. Ironisnya lagi, korban diserang ketika sedang mengevakuasi jenazah tenaga kesehatan (nakes).

Dilansir dari Hops.id jaringan DepokToday.com, prajurit TNI itu tewas ditembak ketika sedang melakukan pengamanan saat proses evakuasi jenazah nakes Gabriela Meilani di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, pada Selasa, 21 September 2021.

Data yang dihimpun menyebut, prajurit TNI yang tewas akibat kebiadaban KKB di Papua itu adalah Pratu Ida Bagus Putu S, anggota Yonif 403/Wirasada Pratista asal Kalimantan Barat (Kalbar).

Baca Juga: Sebar 500 Vaksin dalam HUT ke-66 Lalu Lintas Bhayangkara, Kapolres: Kita Tidak Pilih-pilih

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih, Kolonel Arm Reza Nur Patria dalam keterangannya mengatakan, sekira pukul 06.40 WIT terjadi kontak antara pasukan TNI dengan KST Ngalum Kupel di Distrik Kiwirok dan mengakibatkan satu prajurit TNI gugur.

“Kontak tembak masih terjadi. Untuk warga di sana sejak awal sudah mengungsi ke pos-pos TNI-Polri,” katanya.

KKB Papua (Foto: Istimewa)
KKB Papua (Foto: Istimewa)

Kapendam menjelaskan, baku tembak itu terjadi di Bandara Kiwi, Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang. Saat itu korban sedang mengamankan Bandara Kiwi terkait rencana evakuasi Jenazah almarhumah Gabriela Meilani

Doa untuk TNI yang Lawan KKB

Jenazah anggota TNI yang gugur itu langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Marthen Indey Jayapura.

Pada kesempatan itu, Kapendam juga memohon doa dari seluruh rakyat Indonesia agar aparat keamanan TNI-Polri yang bertugas mendapat perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa dalam menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di tanah Papua.

Baca Juga: Kompol Deni Setiawan Sebut Pelanggaran Turun 90 Persen Karena E-TLE

Untuk diketahui, pada siang hari ini sekira pukul 12.45 WIT helikopter jenis Bell milik TNI AD berhasil mengevakuasi jenazah Suster Gabriella dari Kiwirok menuju Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura.

Dalam proses evakuasi itu tidak hanya jenazah Suster Gabriella, ada juga jenazah lainnya yang merupakan prajurit TNI. (rul/*)