Lagi Perang, TPNPB OPM Bakar Alat Berat Proyek Jalan Trans Papua

Pasukan TPNPB OPM membakar alat berat (Foto: Istimewa)
Pasukan TPNPB OPM membakar alat berat (Foto: Istimewa)

DepokToday- Pasukan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) kembali berulah. Kali ini, mereka membakar alat berat yang digunakan pemerintah Indonesia untuk pembangunan Jalan Trans Papua.

Disitat dari suara.com, klaim pembakaran tersebut dilakukan sebagai bentuk penolakan seluruh pembangunan di Bumi Cenderawasih.

Menurut Juru bicara TPNBP-OPM, Sebby Sambom, aksi pembakaran sejumlah alat berat itu di bawah pimpinan Kodap 15 Ngalum Kupel Bridgen Lamek Taplo.

“Bahwa pasukan TPNPB telah berhasil membakar alat berat yang melakukan proyek Jalan Trans Papua dan hal ini telah dilakukan bagian dari perang pembebasan nasional bangsa Papua,” katanya dikutip pada Kamis 9 September 2021.

“Dalam perang revolusi untuk menuntut hak politik penentuan nasib sendiri bagi bangsa Papua, maka semua program pembangunan yang jalankan harus tolak,” sambungnya lagi.

Ancaman TPNPB-OPM

Terkait hal tersebut, Sebby menegaskan, TPNPB-OPM akan melakukan hal yang sama di seluruh wilayah Papua.

Maka dari itu, TPNPB-OPM kata dia, memberikan peringatan tegas kepada seluruh orang Indonesia yang menangani projek pembangunan apapun agar segera pergi dari Papua.

Baca Juga: Terpopuler DepokToday, 9 September 2021: Australia Benamkan Vietnam, Ultimatum Warga Sipil

Sebby menekankan, pihaknya ingin pemerintah Indonesia hentikan program pembangunan di Papua Barat dan duduk di meja perundingan dengan juru runding bangsa Papua.

“Kami tidak butuh program pembangunan oleh pemerintah kolonial Indonesia, karena Papua akan aami bangun sendiri setelah merdeka penuh,” katanya.

Diburu TNI

TNI hingga kini masih terus memburu pasukan Organisasi Papua Merdeka (OPM). Satu persatu dari pelaku gerakan separatis itu pun akhirnya berhasil ditangkap. Terbaru, yang berhasil membekuknya malah petugas hanship.

Dilansir dari Hops.id jaringan DepokToday.com pada Kamis 9 September 2021, dilaporkan jajaran TNI dari Koramil Batom, Papua berhasil membekuk dua pasukan OPM dengan bantuan hansip.

Ilustrasi TNI buru OPM (Istimewa)
Ilustrasi TNI buru OPM (Istimewa)

Bahkan, senjata dari dua anggota OPM itu juga turut diamankan pada Selasa 7 September 2021.

Dikutip dari Infokomando, dua pasukan OPM itu yakni Yulian Urobmabin (33) warga Distrik Kiwirok dengan jabatan Kanit Intelijen Kodap dan Kapol Uropmabin (42) warga Distrik Kiwirok. (rul/*)

Baca selengkapnya di sini: Bantu TNI, Hansip Ini Bikin Dua Komandan OPM Tak Berkutik