Lagi, Pemerintah Perpanjang PPKM Level 4 Hingga 16 Agustus 2021

Menteri Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat menyampaikan konferensi pers perpanjangan PPKM Level 4 secara virtual, Senin 9 Agustus 2021. Foto: Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden.
Menteri Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat menyampaikan konferensi pers perpanjangan PPKM Level 4 secara virtual, Senin 9 Agustus 2021. Foto: Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden.

DepokToday – Pemerintah kembali memperpanjang pelaksanaan PPKM Level 4 di Jawa dan Bali selama satu minggu kedepan hingga tanggal 16 Agustus 2021. Dengan ini, total sudah tiga kali pemerintah memperpanjang kebijakan yang semula bernama PPKM Darurat ini.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, alasan perpanjangan ini adalah untuk menjaga agar penurunan kasus yang telah terjadi di Jawa-Bali selama beberapa minggu kebelakang dapat terus terjadi.

Luhut mengklaim, selama pelaksanaan perpanjangan PPKM Level 4, 3 dan 2 yang dilaksanakan sejak tanggal 2 hingga 9 Agustus 2021, telah terjadi penurunan 59,6 persen dari puncak kasus yang terjadi pada tanggal 15 Juli 2021.

Baca Juga: Belum Tersentuh Bantuan, PPKM Bikin Sopir Angkot Depok Menjerit

“Momentum yang sudah cukup baik ini harus terus dijaga, untuk itu atas arahan Presiden Republik Indonesia maka PPKM level 4, 3 dan 2 di Jawa Bali akan diperpanjang sampai tanggal 16 Agustus 2021,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin 9 Agustus 2021.

“Terkait putusan ini akan dituangkan dalam instruksi mendagri secara lebih detil,” tambahnya.

Luhut mengklaim, setiap langkah yang diambil oleh pemerintah tntunya telah mempertimbangkan berbagai aspek dan masukan dari berbagai ahli dalam bidangnya.

“Pemerintah akan terus bekerja keras untuk mengendalikan pandemi di seluruh Indonesia,” kata Luhut.

Baca Juga: Siti Fadilah Singgung Keanehan COVID di Indonesia, Ini Sebabnya

Lebih jauh Luhut mengatakan, pihaknya pun telah berkomunikasi dengan para pihak seperti asosiasi mall, perindustrian dan sebagainya sebagai langkah bersama untuk mempersiapkan aturan yang tepat.

“Dalam mengambil keputusan ini pun kami telah berkomunikasi dengan cermat dengan berbagai pihak misalnya, asosiasi mall, perindustrian dan sebagainya sehingga detil-detil pelaksanaan ini sudah disiapkan dengan baik oleh asosiasi,” kata Luhut. (ade/*)