Laga Krusial Belanda di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Skuat Belanda di kualifikasi Piala Dunia 2022.(Foto: Twitter/OnsOranje)
Skuat Belanda di kualifikasi Piala Dunia 2022.(Foto: Twitter/OnsOranje)

DepokToday-Belanda menghadapi laga krusial melawan Norwegia di pertandingan terakhir Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Betapa tidak, Belanda masih ketar-ketir untuk bisa lolos langsung ke putaran final Piala Dunia tahun depan di Qatar.

Hal ini lantaran masih ada dua tim yang punya peluang sama untuk merebut tiket otomatis tersebut selain Belanda.

Turki di posisi kedua punya kans lolos langsung ke Qatar. Pun dengan Norwegia, lawan Belanda, di Feyenoord Stadium, Rabu 17 November 2021 dini hari WIB, juga punya kesempatan serupa.

Turki dan Norwegia sama-sama mengantongi poin 18. Salah satu tim memenangkan pertandingan, maka berhak atas “tiket emas” menuju Qatar.

 

Pahitnya, Belanda kalah, dan Turki menang atas Montenegro, maka Tim Oranje gagal lolos ke Piala Dunia tahun depan.

Jika skenario seperti itu terjadi nanti, poin Belanda saat ini 20 tidak akan bertambah. Norwegia dan Turki bila sama-sama menang, maka poin mereka menjadi 23.

Melihat daftar tabel klasemen, peluang Turki lebih besar menjuarai Grup G, andaikata Norwegia mampu menekuk Belanda.

Belanda memiliki selisih gol yang jauh lebih unggul atas Turki dan Norwegia. Hasil imbang pada Rabu dini hari nanti WIB di Rotterdam seharusnya sudah cukup untuk memastikan De Oranje maju ke turnamen tahun depan.

BACA JUGA: Selain Qatar, Sembilan Tim Eropa Ini Sudah Jadi Peserta Piala Dunia 2022

BACA JUGA: Arab Saudi Bikin Vietnam Makin Terpedam di Dasar Klasemen

Sementara itu, kabar kurang sedap menghampiri skuat Belanda, di mana pelatih Louis van Gaal mengalami cedera pinggul karena terjatuh.

Dikutip dari firstpost.com, pelatih berusia 70 tahun itu mengatakan masih bisa melakukan tugasnya meski cedera.

Namun selama sesi latihan, Van Gaal tetap duduk di mobil golf dan memberikan instruksi kepada salah satu asistennya, Danny Blind, untuk memberikannya arahan kepada para pemain.

“Secara fisik, (saya) tidak baik, tetapi otak masih bekerja,” kata Van Gaal, seraya menambahkan bahwa dia “sangat kesakitan. Itu sebabnya saya duduk di kursi roda.

Masalah lainnya adalah absennya bek tengah Stefan de Vrij karena cedera yang dideritanya saat melawan Montenegro. Ia tidak akan tersedia untuk pertandingan melawan Norwegia.

Pertandingan Belanda vs Norwegia akan dimainkan tanpa penonton karena lockdown yang mulai berlaku akhir pekan lalu di tengah melonjaknya infeksi COVID-19 di Belanda.

(tdr/*)