Ladies, Mulai Kini Stop Cukur Kumis Dengan Pisau, Efeknya Bisa Begini

Ilustrasi mencukur kumis perempuan. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi mencukur kumis perempuan. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Munculnya bulu ditubuh manusia merupakan hal yang wajar. Termasuk juga bulu di atas mulut Anda alias kumis.

Namun, bukan hanya laki-laki yang dapat muncul bulu di atas mulut, tapi juga perempuan. Melansir dari laman Beautynesia.id, Kondisi ini akan menjadi berlebihan dan mengganggu ketika kamu Ladies mengalami kondisi bernama hirsutisme, yaitu kondisi pertumbuhan rambut berlebih pada perempuan di beberapa area seperti atas bibir dan dagu.

Gagasan memiliki kumis pada perempuan seringnya bukan sebuah ide yang bagus, mengingat banyaknya perempuan yang mengambil langkah hair removal pada tubuh.

Kavita Mariwalla, seorang dokter kulit bersertifikat West Islip, New York, mendifinisikan rambut tipis dengan sebutan rambut vellus dan rambut tebal dengan sebutan terminal. Rambut di ketiak dan kemaluan adalah contoh rambut terminal, sedangkan bulu kaki, tangan, dan wajah, termasuk kumis tipis adalah bulu vellus.

Berhenti Mencukur dengan Pisau

“Jika kamu sering mencukur rambut vellus di wajah, hal ini bisa membuatnya berubah menjadi rambut terminal,” kata Mariwala. Mencukur dapat memperburuk keadaan karena mencukur tidak menghilangkan akar rambut, seperti yang terjadi pada metode mencabut atau waxing.

Mata pisau cukur yang banyak ternyata kurang baik bagi kesehatan karena bisa merusak lapisan kulit.

Laurel Naversen Geraghty, seorang dokter kulit bersertifikat mengungkap fakta lain. “Saat kita mencukur dengan pisau cukur, ujung rambut bisa menjadi lebih tumpul karena dipotong miring,” kata dokter yang praktik di Medford, Oregon ini.

Meskipun kamu mungkin nggak keberatan jika rambut terminal tumbuh di kaki, tapi tampaknya kamu harus berpikir ulang jika itu tumbuh di wajah kamu, sebab hal ini bisa membuat rambut baru yang tumbuh jadi tampak kasar.

Cara Hilangkan Kumis

Sebagai solusi yang efektif, kamu bisa menghilangkan kumis tipis di wajahmu dengan melakukan laser hair removal. Treatment ini mungkin terbilang lebih mahal dari harga pisau cukur, tetapi metode ini bisa menghambat pertumbuhan kumis jadi lebih lama tumbuhnya.

beberapa ahli kulit mengklaim penghilangan bulu dengan laser adalah obat permanen untuk rambut yang tumbuh ke dalam

Bahkan, jika dilakukan beberapa kali sesuai prosedur bisa menghilangkan kumis secara permanen. Kabar baiknya, jika kamu merasa treatment laser terasa mahal, kamu bisa memilih metode waxing atau krim obat. Dua metode tersebut menghilangkan rambut dengan menargetkan folikel rambut. (lala/*)