Lacak COVID-19, TNI-Polri Gencar Rapid Test Warga Depok

TNI-Polri febar rapid test untuk warga Depok (istimewa)

SUKMAJAYA- Aparat TNI-Polri kembali menggelar operasi protokol kesehatan di Kota Depok. Kali ini, selain membagikan ribuan masker, petugas juga melakukan rapid test untuk masyarakat, Selasa 1 Februari 2021.

Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi Imran Edwin Siregar menuturkan, rapid test digelar secara serentak di sejumlah Polsek di wilayah hukum Polres Metro Depok.

“Rapid gratis kepada masyarakat ini kita lakukan setiap Senin dan Kamis, kalau untuk pembagian masker setiap hari,” katanya saat meninjau langsung salah satu lokasi rapid test di Polsek Sukmajaya

Baca Juga: Putus Mata Rantai COVID, TNI-Polri Geber Depok Bermasker

Imran menegaskan, target tracing dilakukan sebanyak-banyaknya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Inginnya sebanyak mungkin atau ya secukupnya, yang penting terutama untuk masyarakat di kampung-kampung dan di sekitar Polsek,” jelas Imran

Kapolres Metro Depok Kombes Imran Edwin Siregar dan Dandim 0508 Depok, Kolonel Inf Agus Israk Miraj meninjau lokasi rapid test di Polsek Sukmajaya (Istimewa)

Lebih lanjut Imran mengatakan, saat ini Depok telah berada pada level orange penyebaran COVID-19 atau dalam kategori sedang. Namun demikian, tingkat kewaspadaan jangan sampai kendor.

“Kita harus setiap hari edukasi dan mengingatkan masyarakat. Kita mengimbau mereka mengikuti protokol kesehatan 5 M, seperti mencuci tangan, menggunakan masker, hingga menjaga jarak.”

Dari hasil pantauan sampai saat ini, kata Imran, masih ada saja masyarakat yang belum mematuhi protokol kesehatan, utamanya dalam hal penggunaan masker.

“Seperti tadi di pasar, masih ada yang enggak pakai masker dengan alasan lupa. Kalau itu (protokol kesehatan) diikutin masyarakat Insya Allah kita bisa cepat pulih dari pandemi ini,” ujarnya di dampingi Dandim 0508 Depok, Kolonel Inf Agus Israk Miraj

Jika dalam rapid test ditemukan ada warga yang reaktif, petugas akan langsung menindaklanjutinya dengan swab PCR sebelum akhirnya dirujuk ke rumah sakit atau isolasi mandiri. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here