Laboratorium Biomokular RSUD Depok Melayani PCR Gratis dan Hasilnya Lebih Cepat

RSUD Depok
Wali Kota Depok, Mohammad Idris, saat peresmian Laboratorium Biomokular di RSUD Depok. (Foto: Istimewa)

SAWANGAN—Wali Kota Depok, Mohammad Idris, meresmikan pusat Laboratorium Biomokular untuk pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, Kamis 11 Februari 2021.

Idris berkata, saat ini untuk satu shift proses PCR Covid-19 di Laboratorium Biomolekular RSUD mampu melayani 94 sampel.

Idris mengatakan, untuk mengetahui hasil pemeriksaannya terbilang lebih cepat, yakni bisa dalam 5 jam. Saat hasilnya dinyatakan positif, pasien bisa langsung dirawat, jika tersedia ruangan.

“Tergantung penyakitnya juga. Jika ICU-nya penuh, akan dirujuk. Saat ini ada enam ICU, Insya Allah akan ditambah tiga menjadi sembilan,” paparnya.

“Untuk pembiayaan terkait COVID itu, gratis, termasuk PCR di laboratorium. Pembiayaan akan diklaim ke Kementerian,” imbuhnya.

Dibaca Juga: https://depoktoday.hops.id/ironi-kesehatan-warga-depok-hanya-punya-satu-rsud/

Direktur RSUD Kota Depok, Devi Maryori, menambahkan, pembukaan layanan Laboratorium Biomolekular ini bertujuan untuk menambah pelayanan penunjang kesehatan yang disediakan RSUD Kota Depok bagi warga Kota Depok, khususnya dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 melalui penambahan kapasitas testing, sehingga warga dapat terlayani dalam pemeriksaan Covid-19.

“Tujuannya tak lain untuk menyediakan layanan pemeriksaan Covid-19 dengan metode PCR, Isothermal, dan tes cepat Molekular, mempercepat hasil pemeriksaan sampel pasien terkonfirmasi positif Covid-19, mempercepat diagnosa perjalanan penyakit pasien Covid-19, mempersingkat waktu perawatan pasien dan mengefisienkan penggunaan sumber daya rumah sakit,” paparnya.

Devi menjabarkan fasilitas yang dimiliki oleh Laboratorium Biomolekular RSUD Kota Depok saat ini, yakni
sumber daya manusia meliputi 3 (tiga) orang dokter spesialis patologi klinik, 5 (lima) orang ahli teknik laboratorium medic, dan 1 (satu) orang administrasi.

“Jam operasional laboratorium ini setiap Senin sampai Jum’at dua shift, Sabtu, Minggu dan hari libur nasional satu shift,” katanya.

(eru)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here