Kuota Belum Terpenuhi, KPU Depok Perpanjang Seleksi Anggota KPPS

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna.(Foto: Istimewa)

PANCORAN MAS—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok memperpanjang durasi pendaftaran seleksi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pilkada Depok 2020.

Perpanjangan masa pendaftaran itu akan berlangsung selama empat hari, terhitung sejak 14-18 Oktober 2020.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna, mejelaskan, perpanjangan masa pendaftaran seleksi anggota KPPS ini dilakukan lantaran belum terpenuhinya jumlah pendaftar yang dibutuhkan oleh KPU.

“Iya diperpanjang karena jumlah pendaftar dalam seleksi terbuka anggota KPPS belum memenuhi jumlah yang dibutuhkan,” jelas Nana ketika dikonfirmasi DepokToday, Rabu (14/10/2020).

Nana berharap, melalui perpanjangan waktu pendaftaran seleksi anggota KPPS ini, kuotanya dapat terpenuhi.

“Kami berharap masyarakat yang netral, yang mampu, yang mau dan tidak terafiliasi dengan pasangan calon manapun, sehingga mereka dapat terlibat dalam pengabdian kepada negara menjadi anggota KPPS Pilkada Depok 2020,” harap Nana.

Sementara dikonfirmasi terpisah, Anggota KPU Depok yang menangani SDM, Mahadi, menjabarkan kuota pendaftar pada seleksi tahap I yakni mulai dari tanggal 7-13 Oktober 2020.

Mahadi membeberkan, pada masa pendaftaran selama enam hari tersebut, kuota pelamar baru 65 persen. “Kemarin dari total 4.015 TPS baru sekitar 65 persen yang terpenuhi,” beber Mahadi.

Sekadar informasi, Pilkada Depok 2020 akan berlangsung pada 9 Desember mendatang. KPU Kota Depok sudah menetapkan sebanyak 4.015 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Setiap TPS diisi tujuh anggota KPPS. Adapun masa kerja KPPS dari 24 November 2020 sampai dengan 23 Desember 2020.

Pilkada Depok 2020 diikuti oleh dua pasangan calon (paslon) wali kota dan calon wakil wali kota Depok. Pradi Supriatna-Afifah Alia (Pradi-Afifah) dengan nomor urut 1, dan Mohammad Idris-Imam Budi Hartono (Idris-Imam) sebagai paslon nomor urut 2.

Sementara jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Depok 2020 sebanyak 1.229.362 orang, dengan rincian laki-laki 605.924 orang dan perempuan 623.438  orang.

(tdr)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here