Kuku Berubah Warna? Awas Jadi Gejala Penyakit Serius Ini

Kondisi kuki sehat. (Foto: Istimewa)
Kondisi kuki sehat. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Kuku tidak hanya berfungsi sebagai pemercantik penampilan jari, tetapi juga bisa menjadi indikator kesehatan kita. Namun hati-hati ketika kuku berubah lalu terlihat tidak, yang sehat umumnya bertekstur halus dan memiliki warna yang merah muda.

Namun, jika perubahan terjadi pada kuku Anda menandakan adanya masalah kesehatan. Salah satu gejala penyakit bisa dilihat dari kuku dan harus dievaluasi dengan benar sebelum didiagnosis.

Berdasarkan laman High Lakes Health Care, ketahui arti dari perubahan kuku.
Perhatikan jika kuku Anda berubah warna menjadi putih seluruhnya. Ini bisa mengindikasikan penyakit hati atau hepatitis. Bisa juga penyakit ginjal. Lebih jarang kuku putih bisa menandakan gagal jantung atau diabetes.

Sementara kuku kuning bisa menandakan adanya infeksi jamur, bronkitis kronis. Lebih jarang terjadi, kuku kuning menunjukkan diabetes, penyakit hati, psoriasis, atau penyakit tiroid.

Sementara kuku yang membiru bisa berarti tubuh kekurangan oksigen, atau efek samping obat. Kemungkinan lainnya adalah penyakit paru-paru seperti emfisema, masalah jantungm atau infeksi bakteri pada kuku.

Cedera pada kuku dapat menyebabkan bintik-bintik dan perubahan warna.

Apabila muncul garis-garis merah mungkin menunjukkan trauma, psoriasis, infeksi jamur, radang pembuluh darah, atau infeksi katup jantung.

Sementara garis gelap pada kuku bisa menjadi tanda melanoma, bentuk kanker kulit yang berbahaya. Ketika penyakit ini berkembang di bawah kuku itu disebut sebagai melanoma tersembunyi, dan harus dirawat sesegera mungkin.

Baca Juga: Serang PLN, Pria Ini Juga Sebut Jokowi Sambil Takbir, Nih Tampangnya

Tonjolan pada kuku juga merupakan indikasi kemungkinan kelainan. Jika garisnya sejajar dengan jari, bisa jadi karena penuaan, bisa jadi karena penuaan, sering mencuci tangan, kekurangan vitamin atau nutrisi yang tidak tepat.

Riak pada kuku atau kuku yang berlubang dapat disebabkan oleh kelainan kulit, psoriasis, eksim, atau radang sendi.

Kuku clubbing, kondisi ketika ujung kuku melengkung ke dalam, bisa menunjukkan penyakit jantung, radang usus, paru-paru, hati, tiroid, atau HIV/AIDS.

Sementara kemerahan bengkak di dekat kutikula dapat mengindikasikan peradangan, infeksi bakteri atau jamur, Lupus, atau penyakit jaringan ikat lainnya. (lala/*)