Kualifikasi Piala Dunia: Spanyol Menang, Swedia Kalah, Portugal Imbang

Pertandingan Portugal vs Republik Irlandia.(Foto: Twitter/Portugal)
Pertandingan Portugal vs Republik Irlandia.(Foto: Twitter/Portugal)

DepokToday-Spanyol mengambil langkah besar menuju Piala Dunia 2022 usai kemenangan 1-0 atas Yunani di Stadion Olimpiade Athena, Jumat 12 November 2021 dini hari WIB.

Ditambah dengan kekalahan mengejutkan 2-0 Swedia dari Georgia di Adjarabet Arena sehingga menempatkan pasukan Luis Enrique itu di posisi terdepan untuk lolos ke Qatar.

Penalti Pablo Sarabia terbukti cukup bagi La Roja untuk merebut tiga poin di Athena dan memiliki satu poin di atas Swedia menjelang pertandingan terakhir antara kedua tim di Sevilla, Senin 15 November 2021.

Pablo Sarabia.(Foto: Twitter/Seleccion Espanola de Futbol)
Pablo Sarabia.(Foto: Twitter/Seleccion Espanola de Futbol)

“Tentu saja saya pikir kami akan mendapat tempat di Piala Dunia pada hari Minggu, tetapi saya sudah berpikir itu ketika kami berada di urutan kedua grup,” kata bos Spanyol, Luis Enrique.

“Kami bermain melawan tim bagus, yang secara teori, kami harus menyerang lebih banyak,” sambung Enrique.

BACA JUGA: Inggris dan Belgia Merajalela, Swedia Mengejutkan Spanyol

Terlepas dari kehadiran Zlatan Ibrahimovic dan bintang yang sedang naik daun, Alexander Isak di lini depan, Swedia ditundukkan oleh dua gol babak kedua dari Khvicha Kvaratskhelia di Tblisi.

Pertandingan Georgia melawan Swedia.(Foto: Twitter/Svensk Fotboll)
Pertandingan Georgia melawan Swedia.(Foto: Twitter/Svensk Fotboll)

Cristiano Ronaldo gagal memberikan kemenangan untuk Portugal yang harus bermain imbang 0-0 melawan Republik Irlandia di Dublin.

Ronaldo dua kali nyaris memecahkan kebuntuan bagi tim tamu saat ia menyundul bola beberapa inci, sebelum juga gagal mencapai target dengan upaya tendangan melengkung dari tepi kotak penalti lawan.

Pepe mendapat kartu merah ke-14 dalam karirnya delapan menit menjelang pertandingan usai karena menyikut Callum Robinson.

BACA JUGA: Tuan Rumah Piala Dunia 2022 Dikalahkan Portugal yang Tanpa Ronaldo

Di laga sebelumnya, Irlandia kalah dari Luksemburg 0-1 dan bermain imbang dengan Azerbaijan 1-1 yang merusak peluang mereka lolos ke Piala Dunia 2022.

Tetapi pasukan Stephen Kenny itu gagal meraih kemenangan di masa tambahan waktu ketika gol hasil tendangan Matt Doherty dianulir wasit karena dianggap melakukan pelanggaran terhadap kiper Portugal, Rui Patricio.

“Kami mencetak gol sah yang dianulir,” jelas Kenny yang menghadapi penantian cemas untuk melihat apakah kontraknya akan diperpanjang pada akhir musim yang mengecewakan.

Satu poin ini membawa Portugal ke puncak Grup A, memiliki poin yang sama dengan Serbia, yang menjadi lawan Portugal dalam pertandingan terakhir kualifikasi di Lisbon pada Senin, 15 November 2021.

(sumber: firstpost.com)