Kualifikasi Piala Dunia: Penentuan Nasib Italia & Inggris

Skuat tim Italia sebelum menjalani pertandingan terakhir melawan Irlandia Utara.(Foto: Twitter/Italy)
Skuat tim Italia sebelum menjalani pertandingan terakhir melawan Irlandia Utara.(Foto: Twitter/Italy)

DepokToday-Nasib Italia untuk lolos ke Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar akan ditentukan melalui pertandingan melawan Irlandia Utara.

Italia wajib memenangkan pertandingan melawan tim peringkat tiga Grup C itu di National Football Stadium at Windsor Park, Selasa 16 November 2021 dini hari WIB.

Meski saat ini masih berada di puncak klasemen Grup C, posisi Italia sangat rawan digeser oleh Swiss yang menempati posisi dua.

Hal ini dikarenakan perolehan poin Italia dengan Swiss sama-sama 15 angka. Jika tergelincir di kandang Irlandia Utara, sedangkan Swiss mengalahkan Bulgaria, maka Italia turun ke posisi dua.

Dengan begitu, Italia gagal lolos secara otomatis ke putaran final Piala Dunia tahun depan dan harus melakoni babak play-off untuk dapat tampil di Qatar.

Menilik pertemuan sebelumnya, Italia sepertinya tidak akan menemui kesulitan menghadapi Irlandia Utara.

Pada pertandingan perdana Grup C tanggal 26 Maret 2021 di Stadion Ennio Tardini, Italia sukses mengalahkan Irlandia 2-0.

Dua gol kemenangan Italia saat itu dibukukan oleh Domenico Berardi (menit 14) dan Ciro Immobile (menit 38).

BACA JUGA: Lapar Gelar Juara Eropa Italia Selama 53 Tahun Terobati

BACA JUGA: Italia dan Inggris Sama-sama Lapar Gelar Juara Eropa

Sama seperti Italia, Inggris juga belum pasti mendapat tiket langsung ke Piala Dunia 2022. The Three Lions harus menunggu hingga pertandingan terakhir untuk bisa berlaga di Qatar tahun depan.

Namun, perjuangan Inggris tidak seberat Italia di laga Selasa dini hari nanti WIB. Inggris hanya butuh hasil imbang saat dijamu San Marino.

Inggris juga tak bakal kesulitan melawan San Marino meskipun melakoni laga tandang. Dilihat dari posisi klasemen, pertarungan Inggris vs San Marino bagaikan jarak langit dan bumi.

Inggris memimpin klasemen Grup I dengan 23 poin, sedangkan San Marino di dasar klasemen dengan poin nol.

Hasil pertandingan sebelumnya melawan San Marino di Stadion Wembley, 26 Maret 2021, juga tambah membuat yakin jika Inggris akan lolos otomatis ke Piala Dunia tahun depan.

Klasemen sementara Grup I.(Foto: Twitter/England)
Klasemen sementara Grup I.(Foto: Twitter/England)

Inggris di pertemuan pertama melawan San Marino itu menang telak dengan skor lima kosong.

Dominic Calvert-Lewin mencetak dua gol, kemudian tiga gol lagi masing-masing dicetak oleh Ollie Watkins, Raheem Sterling, dan James Ward-Prowse.

Kendati begitu, Inggris tetap waspada. Sebab kekalahan melawan San Marino bisa merubah nasib mereka di papan klasemen Grup I.

Inggris masih dibayang-bayangi Polandia yang menghuni di urutan dua klasemen. Jarak poin antara kedua tim hanya tiga angka.

Polandia dapat mengambil alih posisi puncak klasemen apabila Inggris keok di kandang San Marino, sedangkan Polandia menang atas Hongaria.

(tdr)