Kualifikasi Piala Dunia: Australia Vs Arab Saudi, Vietnam Lawan Jepang

Pertandingan sebelumnya antara Australia vs Arab Saudi.(Foto: Twitter/AsianCup2023)
Pertandingan sebelumnya antara Australia vs Arab Saudi.(Foto: Twitter/AsianCup2023)

DepokToday-Duel tim papan atas terjadi di kualifikasi Grup B Piala Dunia 2022 Zona Asia antara Australia vs Arab Saudi di CommBank Stadium, Kamis 11 November 2021 sore WIB.

Arab Saudi memimpin klasemen sementara Grup B, memiliki selisih tiga poin dengan Australia di posisi dua.

Arab Saudi yang melakoni laga tandang, tak ingin kehilangan poin. Belum terkalahkan dalam empat pertandingan terakhir adalah bukti bahwa Arab Saudi sangat perkasa.

Berada di trek kemenangan tentu sudah menjadi patokan Arab Saudi agar tetap berada di singgasana klasemen Grup B.

Menang, akan memantapkan posisi mereka di puncak klasemen. Jika sebaliknya, keok di kandang Australia, bukan hanya poin Arab Saudi bakal sama dengan Australia, tetapi juga posisi mereka akan kegeser.

Dan tentu saja, pengaruh lainnya jika kalah dari Australia, membuat 100% kemenangan Arab Saudi luntur.

BACA JUGA: Australia & Arab Saudi Belum Terkalahkan, Vietnam tak Pernah Menang

BACA JUGA: Australia Benamkan Vietnam, Jepang Bangkit dari Kekalahan

Setelah kalah dari Jepang di laga sebelumnya, Australia harus bangkit kembali melawan pemimpin Grup B (Arab Saudi-red) di Western Sydney.

Jika Socceroos tergelincir lagi, tugas untuk mencapai puncak klasemen akan terlalu sulit karena mereka ingin memesan tempat di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Ini adalah kali pertama bagi Socceroos bermain di Australia dalam lebih dari dua tahun ketika mereka menjamu Arab Saudi di kualifikasi Piala Dunia.

Menjamu Arab Saudi, Australia punya catatan bagus. Tim besutan Graham Arnold mendominasi pertandingan ini dengan memenangkan empat dari lima pertemuan terakhir mereka dan hanya kalah sekali pada tahun 1997.

Klasemen sementara Grup B.(Foto: Twitter/AsianCup2023)
Klasemen sementara Grup B.(Foto: Twitter/AsianCup2023)

Di laga lainnya, Vietnam menghadapi Jepang di Stadion My Dinh, malam ini pukul 19:00 WIB. Jepang yang menghuni peringkat empat klasemen, bakal berupaya keras memenangkan laga agar peluang menuju Qatar tahun depan tetap terbuka.

Menilik sang lawan, Vietnam, Jepang memang diunggulkan. Tidak hanya dari segi pengalaman tapi juga hasil selama menjalani babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022.

Vietnam, sang wakil Asia Tenggara, belum pernah mencicipi kemenangan. Posisi mereka pun terpendam di dasar klasemen dengan poin nol.

“Kami merasakan ekspektasi negara, jadi satu-satunya hal yang kami pikirkan adalah menampilkan performa bagus di lapangan,” kata pemain Jepang, Yuya Osako, kepada FIFA.com.

Meski belum meraih kemenangan, Vietnam tetap optimistis menjalani sisa pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

“Tim vietnam akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para penggemar sepak bola Vietnam,” tegas kapten Vietnam, Que Ngoc Hai, mengomentari pertandingan melawan Jepang.

(tdr/*)