Kronologi Lengkap Prajurit TNI Dibunuh di Depok: Ditusuk, Dilempar Batu

Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar memperlihatkan barang bukti kejahatan pelaku pembunuhan yang menewaskan seorang anggota TNI (DepokToday.com)

DepokToday- Seorang prajurit TNI tewas dibunuh di kawasan Patoembak, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Depok. Belakangan diketahui, korban ternyata berniat ingin melerai perkelahian.

Nasib nahas itu dialami Sertu Yorhan Lopo dari Satuan Menzikon Pusziad. Prajurit TNI itu meninggal karena dikeroyok gerombolan pria yang ribut lantaran insiden motor di wilayah Cimanggis, Depok.

Rupanya, pelaku juga melukai seorang warga sipil bernama Adam Sefao. Ia mengalami luka tusuk pada bagian paha.

Baca Juga: Pelanggaran PPKM Darurat, Mantan Lurah Pancoran Mas Siap Disidangkan

Data yang dihimpun menyebutkan, aksi brutal itu berawal dari teguran Adam pada pengendara motor bernama Majer, yang mengendarai motornya dengan kencang sekira pukul 19:00 WIB pada Rabu, 22 September 2021.

Korban Adam menegur Majer untuk tidak ugal-ugalan. Namun rupanya Majer tak terima dengan teguran tersebut, dan menyerang Adam dengan menggunakan pisau. Duel itu pun terjadi.

“Korban (Adam) sempat menghindar dengan menendang muka pelaku, terus senjata tajamnya mengenai celana korban (robek),” sebut pesan berantai yang beredar di awak media pada Jumat 24 September 2021.

Tersangka pembunuh anggota TNI di Depok (DepokToday.com)
Tersangka pembunuh anggota TNI di Depok (DepokToday.com)

Perkelahian itu menjadi perhatian, sehingga rekan-rekan Adam melerainya. Selanjutnya Adam dan beberpa rekannya pulang. Mereka berembug bagaimana mengupayakan damai antara Adam dan Majer.

Sedangkan, Majer meninggalkan lokasi kejadian dan pulang ke tempat tinggalnya. Namun ternyata, sekira pukul 19:30 WIB, Majer bersama 10 temannya mendatangi kembali Adam.

Majer kemudian memukul kepala Adam dan teman Majer menusuk tubuh Adam. Mendengar keributan itu, sekira pukul 19:45 WIB, datanglah Sertu Yorhan Lopo.

Nasib Tragis Prajurit TNI Dibunuh di Depok

Niat prajurit TNI tersebut adalah untuk membantu menyelesaikan masalah antara Adam dengan Majer.

Tapi Majer malah ngotot dengan mengatakan ‘kamu siapa’. Kemudian Sertu Yorhan langsung diserang dengan cara dikeroyok. Salah seorang rekan Majer bahkan menusuk pula tubuh Yohan.

Akibatnya, Sertu Yohan terjatuh dan berusaha bangun dan lari. Tapi Majer dan temannya mengejar terus disertai dengan lemparan batu sampai mengenai paha prajurit TNI tersebut. Ironisnya, tak ada yang berani menyelamatkan Yohan.

“Niatnya baik untuk melerai, tetapi secara spontanitas TSK langsung menusuk pisau tepat di dada sebelah kiri korban sehingga yang bersangkutan meninggal dunia,” tuturnya.

Baca Juga: Polisi Ringkus Pembunuh Anggota TNI di Depok, Ternyata Gegara Ini

Saat itu, lanjut Imran, korban sempat berusaha menyelamatkan diri. Namun ternyata luka yang dialami cukup parah. Jasad Sertu Yorhan Lopo ditemukan tergeletak di semak-semak kawasan Patoembak, Cimanggis, Depok pada Kamis 23 September 2021.

Anggota TNI dibunuh di Depok (Foto: Istimewa)
Anggota TNI dibunuh di Depok (Foto: Istimewa)

Sementara korban lainnya, yakni Adam mengalami luka tusuk pada bagian paha kanan. Dari kasus tersebut, Polres Metro Depok berhasil meringkus seorang pelakunya. Dia adalah Ivan Victor Dethan alias Ivan.

Ivan dibekuk di kawasan Jakarta Selatan selang beberapa jam setelah jasad korban ditemukan. Atas perbuatannya itu, pemuda 28 tahun tersebut bakal dijerat Pasal 338 atau 351 KUHP ancaman 15 tahun penjara. Kasusnya ditangani Polres Metro Depok. (rul/*)