Kapolri Tetapkan Enam Tersangka Tragedi Kanjuruhan

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 21:24 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Tv One)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Tv One)

DepokToday.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit menetapkan enam orang tersangka atas kasus kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu 1 Oktober 2022.

Dari enam tersangka tersebut, tiga di antaranya adalah anggota Polri berpangkat perwira.
Adapun para tersangka terkait tragedi maut di Stadion Kanjuruhan, kata Kapolri, yang pertama adalah Direktur PT LIB berinial AHL.

“Yang bersangkutan bertanggung jawab untuk memastikan setiap stadion memiliki sertifikasi layak fungsi, namun pada saat menunjuk stadion persyaratan dan menggunakan hasil verifikasi tahun 2020,” kata Kapolri dalam konferensi persnya, Kamis, 6 Oktober 2022 malam.

Baca Juga: Suporter Sepak Bola di Depok Bersama Polisi Salat Gaib untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Tersangka kedua yakni Ketua Panitia Pelaksana, berinisial AH.“Pasal yang dikenakan sama, yakni Pasal 359 KUHP dan 360 tentang olahraga, dimana ketua pelaksanaan penyelenggara pertandingan yang bertanggung jawab,” jelasnya.

“Disebutkan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kejadian ditemukan tidak membuat dokumen keselamatan dan keamanan bagi peserta,” sambungnya.

Ratusan suporter memasuki lapangan pascapertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya berakhir.(Foto: Tangkapan layar YouTube HET KANAL)

Kemudian, tersangka ketiga adalah Security Officer berinisial SS. Diduga lantaran over kapasitas. “Mengabaikan permintaan dari pihak keamanan dengan kondisi dan kapasitas stadion yang berkapasitas 30 ribuan namun yang dijual sebesar 42.000 tiket,” ucap Kapolri.

Menurut penyidik, ia juga bertanggungjawab terhadap dokumen penilaian risiko untuk semua pertandingan dan juga memerintahkan untuk meninggalkan gerbang pada saat terjadi insiden.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: harianhaluan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mayat Bayi Masih Bertali Pusar Ngambang di Kali Baru

Senin, 7 November 2022 | 19:06 WIB
X