Menguak Aliran Duit ACT, Salah Satunya untuk Koperasi 212

- Selasa, 26 Juli 2022 | 12:44 WIB
Penampakan kantor ACT di Depok (DepokToday.com )
Penampakan kantor ACT di Depok (DepokToday.com )

DepokToday.com – Bareskrim Polri telah menetapkan empat orang sebaai tersangka terkait penyalahgunaan dana bantuan Yayassan Aksi Cepat Tanggap atau ACT. Tak hanya itu, dari kasus ini polisi juga berhasil mengungkap aliran duit yang digunakan oleh lembaga kemanusiaan tersebut.

Adapun empat tersangka itu yakni, Ahyudin selaku pendiri dan mantan ketua ACT, Ibnu Khajar selaku ketua ACT, Hariyana Hermain selaku Senior Vice President dan Anggota Dewan Presidium ACT, dan Novariadi Imam Akbari selaku Sekretaris ACT

Dari hasil penyelidikan terungkap, ACT juga menggunakan dana donasi korban pesawat Lion Air dari Boeing. Dana tersebut sebagian dialirkan untuk koperasi syariah 212 yang nilainya mencapai Rp10 miliar.

“Perlu kami sampaikan, apa saja yang digunakan tidak sesuai peruntukannya, di antaranya adalah adanya pengadaan armada truk kurang lebih Rp 2 miliar,” kata Wadir Tipideksus Bareskrim Polri Kombes Helfi Assegaf dikutip DepokToday.com dari PMJNews pada Selasa, 26 Juli 2022.

Baca Juga: Begini Jawaban Jaksa Soal Korupsi Eks Ketua KPUD Depok yang Mencuat Setelah 7 Tahun Berlalu

Kemudian, dana itu juga digunakan untuk program big food bus kurang lebih Rp 2,8 miliar, pembangunan pesantren peradaban Tasikmalaya sekira Rp 8,7 miliar.

“Selanjutnya, untuk Koperasi Syariah 212 kurang lebih Rp 10 miliar, kemudian untuk dana talangan CV CUN Rp 3 miliar, selanjutnya kemudian dana talangan untuk PT MBGS Rp 7,8 miliar sehingga total semuanya Rp 34.573.069.200,00 (miliar),” jelasnya.

Kondisi kantor ACT Depok (Foto: Istimewa)

Lebih lanjut Bareskrim Polri juga menemukan penyelewengan dana yang dilakuan ACT untuk menggaji para pengurusnya.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mamah Muda Ini Trauma Dicegat Begal di Sawangan Depok

Jumat, 23 September 2022 | 12:05 WIB
X