PN Depok Jebloskan Pelayan Gereja Ini 14 Tahun Penjara Usai Cabuli Sejumlah Anak Yatim

- Kamis, 20 Januari 2022 | 13:28 WIB
Warga dukung PN Depok selamatkan korban bruder angelo (Foto: DepokToday.com/Zahrul Darmawan)
Warga dukung PN Depok selamatkan korban bruder angelo (Foto: DepokToday.com/Zahrul Darmawan)

DepokToday.com- Hakim Pengadilan Negeri atau PN Depok akhirnya menjatuhkan vonis selama 14 tahun penjara terhadap Lukas Lukcy Ngalngola alias Bruder Angelo, pelayan gereja yang terbukti melakukan pencabulan terhadap sejumlah anak panti asuhan.  

Hakim PN Depok menilai, terdakwa terbukti bersalah karena telah melakukan ancaman kekerasan dalam kasus pencabulan anak di bawah umur.

“Mengadili satu menyatakan terdakwa Lukas Lukcy Ngalngola alias Bruder Angelo terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana melakukan ancaman kekerasan, memaksa anak untuk melakukan perbuatan cabul yang dilakukan oleh pengasuh anak secara berlanjut,” kata Hakim Ketua, Ahmad Fadil saat membacakan putusannya di PN Depok pada Kamis, 20 Januari 2022.

“Dua, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 14 tahun dan denda sejumlah Rp 100 juta rupiah dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti pidana kurungan selama 3 bulan,” sambungnya.

Baca Juga: Giliran Hakim di Surabaya kena OTT, Cari Keadilan Hukum Dimana?

Lebih lanjut ia menjelaskan, terdakwa terbukti bersalah dan dijerat dengan Pasal 82 Ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan Anak junto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

“Pertama, hal yang memberatkan perbuatan terdakwa merupakan penyakit masyarakat dan merupakan perbuatan tercela. Dua, perbuatan terdakwa dapat merusak mental dan tumbuh kembang anak ke depannya,” kata Ahmad Fadil.

Ilustrasi seorang jaksa di ruang sidang PN Depok (Foto: DepokToday.com/ZahrulDarmawan)

Kemudian, masih kata Ahmad Fadil, yang memberatkan vonis ini adalah terdakwa merupakan seorang bruder atau seorang rohaniawan yang semestinya memberikan contoh baik.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X