Korps Brimob Gandeng Ormas-LSM Depok Wujudkan Kondusifitas

Korps Brimob, Ormas dan LSM sepakat menjaga kondusifitas di Kota Depok.(DepokToday/Eru)

PANCORAN MAS-Sebanyak 19 organisasi masyarakat (ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kota Depok menggelar Deklarasi Damai di Saung Injuk Ibu Lilis, Jalan Rawa Denok, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas Depok, Senin (20/7/2020).

Deklarasi yang difasilitasi Korps Brimob Polri Kelapadua Depok ini mengusung tema Gabungan Ormas dan LSM Kota Depok Bersama Korps Brimob Polri Siap Menjaga Kondusifitas Wilayah.

Hadir dalam kesempatan tersebut Dansat intel Korbrimob Polri Kombes Pol Zulfikar Tarius, Kapolres Metro Depok Kombes Pol Azis Andriansyah, Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj, Kasi Ops Korbrimob AKBP Akhmad Faozan Adiman, Kepala Kantor Kesbangpol Hakim Siregar, beserta jajaran ormas dan LSM di Kota Depok.

Dansat intel Korbrimob Polri, Kombes Pol Zulfikar Tarius mewakili Komandan Korps Brimob Polri mengajak ormas dan LSM untuk bekerjasama dalam menanggulangi kejadian atau konflik yang terjadi di lapangan. Terutama, konflik menjelang Pilkada Depok yang rencananya dilaksanakan pada 9 Desember mendatang.

“Ketua ormas selaku tokoh masyarakat diharapkan bersama-sama masyarakat dapat saling menjaga kondusifitas di wilayahnya. Apalagi di Kota Depok ini begitu beragam, berasal dari berbagai wilayah suku di Indonesia. Untuk itu, jadikan perbedaan ini sebagai warna dan persatuan kita,” ungkapnya.

Terkait perhelatan Pilkada nanti, katanya lagi, boleh berbeda-bedandalam hal pilihan politik atau dukungan. Namun hendaknya perbedaan itu jangan sampai memunculkan perpecahan di masyarakat.

“TNI/POLRI sangat mengharapkan bantuan ormas dan LSM dalam menjaga keamanan masyarakat. Intinya marilah kita jaga persatuan ini khususnya Kota Depok, demi masa depan anak cucu kita nanti,” harapnya.

Kapolres Metro Depok, Kombes Azis Andriansyah, berharap agar ormas dan LSM dapat mengedepankan kolaborasi bersama untuk membangun Kota Depok yang lebih baik lagi.

“Hindari konflik antara ormas dan LSM. Ormas dan LSM harus disumberdayakan sebagai agen-agen Kamtibmas selama Pilkada berlangsung di lapangan. Melalui Deklarasi Damai antar Ormas dan LSM menjaga Kota Depok tetap kondusif,” ucap
Perwira jebolan Akpol 1998 ini.

Sedangkan, Dandim 0508/Depok, Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj mengatakan ormas dan LSM memiliki peran besar terhadap kondusifitas wilayah.

“Mari kedepankan kedewasaan berpolitik dalam menjaga kondusifitas masyarakat. Peran aktif ormas dan LSM, diharapkan bisa menciptakan suasana Pilwalkot di Depok aman dan kondusif,” kata Kolonel Agus.

Tidak hanya kepada ormas dan LSM, pesan menjaga kondusifitas juga diharapkan bisa tersampaikan kepada seluruh elemen masyarakat lain.

“Rekatkan jalinan antarelemen, sehingga bisa menghindari cara politik ekstrem yang berpotensi memecah belah persatuan,” tuturnya.

Sementara, Ketua Panitia Penyelenggara, Ajazih Azis yang juga selaku Ketua Forkabi Kota Depok mengatakan, pihaknya siap mendukung Polri dalam menciptakan kolaborasi demi membangun Kota Depok yang kondusif.

“Anggota Forkabi dengan ormas lain se-Depok akan menjaga Pilkada tetap berjalan aman dan kondusif. Namun dalam hal ini tidak ada unsur politik,” ujarnya.

Ketua Front Pemuda Muslim Maluku (FPMM), Moren menyampaikan apresiasinya terhadap jajaran Korps Brimob, Polrestro, dan Kodim Depok atas gelaran tersebut.

“Ini adalah sebuah hal yang luar biasa dan sangat positif demi mewujudkan kondusifitas,” pungkasnya.

(eru)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here