Konsusmi Rutin Buah-buah Ini, Dipercaya Mampu Jaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi memelihara kesehatan jantung. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi memelihara kesehatan jantung. (Foto: Istimewa)

DepokToday– Penyakit jantung adalah salah satu penyakit membahayakan dan menyebabkan resiko kematian yang cukup tinggi. Dengan cara olahraga, memelihara kesehatan jantung bisa dilakukan.

Namun, tentu caranya bukan hanya dengan berolahraga, diperlukan pula pola makan yang sehat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan.

Dilansir momsmoney.id dari laman Kementerian Kesehatan RI terdapat buah-buahan yang bisa kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung.

Bahkan buah-buahan tersebut cukup mudah untuk didapatkan. Berikut ini adalah beberapa buah yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

Apel mengandung serat larut, yaitu jenis serat yang bisa menurunkan kadar kolesterol, di dalam darah. Apel juga mengandung polifenol (zat kimia pada tumbuhan), yang memiliki efek antioksidan.

Dibanding daging buahnya, kulit apel memilliki kadar polifenol yang lebih tinggi. Itulah sebabnya, kita disarankan untuk mengonsumsi apel, beserta kulitnya. Salah satu jenis polifenol yang dikandung apel adalah flavonoid epicatechin.

Flavonoid ini bisa menurunkan tekanan darah. Lebih dari itu, buah yang baik untuk jantung ini pun mampu mengurangi kadar oksidasi LDL (kolesterol jahat).

Pisang kaya akan vitamin C, vitamin B6, dan kalium. Kalium merupakan mineral yang memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah dan melemaskan dinding pembuluh darah. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan garam atau natrium yang rendah.

Kombinasi natrium rendah dan kalium tinggi ini dapat membantu mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil, sehingga risiko terkena penyakit jantung pun berkurang.

Jeruk yang sangat menyegarkan dan mengandung banyak air ini, bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, menyehatkan kulit, menurunkan kadar kolesterol, hingga baik untuk jantung.

Jeruk mengandung vitamin C, serat, kalium, dan kolin. Semua komponen ini sangatlah menyehatkan untuk jantung.

Sebut saja kalium, yang bisa menghindarkan jantung dari kondisi aritmia (detak jantung yang tidak normal).

Alpukat memang mengandung lemak. Namun, jenis lemak yang terkandung di dalamnya adalah jenis lemak sehat yang disebut lemak tak jenuh tunggal.

Lemak ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Tak hanya itu, buah ini juga dapat meningkatkan kadar lemak baik (HDL) dalam tubuh, serta kaya akan antioksidan dan kalium yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Manggis, lebih tepatnya kulit manggis (bukan dagingnya) memiliki manfaat yang baik bagi jantung. Kulit manggis yang telah di ekstrak mengandung zat xanthones.

Zat ini mengandung antioksidan super yang bisa membantu untuk mengobati penyakit ini. Itulah beberapa buah yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Namun terlepas dari itu, penting diingat bahwa mencegah risiko penyakit jantung memang baiknya dicegah sedini mungkin karena merupakan penyakit mematikan.

Penyakit jantung digambarkan sebagai kondisi yang memengaruhi kesehatan jantung.

Baca Juga: Indonesia Boyong Piala Thomas untuk ke-14 Kalinya

Menurut penjelasan di laman mayoclinic.org , ada beberapa jenis penyakit jantung yang mesti diwaspadai.

Mulai dari penyakit pembuluh darah, seperti penyakit arteri koroner, masalah irama jantung (aritmia), cacat jantung sejak lahir (cacat jantung bawaan), penyakit katup jantung, penyakit otot jantung hingga infeksi jantung.

Perlu diketahui, berbagai keparahan dari penyakit jantung tersebut bisa dicegah atau diobati dengan pilihan gaya hidup sehat.

Salah satu gaya hidup sehat yang patut dipertimbangkan adalah dengan pola makan sehat seperti mengonsumsi buah-buahan yang disebutkan di atas. (lala/*)